15 September 2017

Rombo dait, surga tersembunyi di Kalimantan barat

          Provinsi Kalimantan barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia. Ibu kotanya adalah Pontianak. Yaelah kalimat pembukanya garing banget sih, ada yang lain kagak ? Banyak protes loe. Ya udah ane ulangin lagi yah

Ehem, Kalimantan barat adalah salah satu Pulau terindah dan terkeren yang ada di Indonesia. Dan yang lebih membanggakan lagi, di Pontianak ibu kotanya Kalimantan Barat adalah tempat kelahiran ane cuy. Apanya yang membanggakan ? Loe lahir di ibu kota aja udah bangga, gue yang lahir di 'bapak kota' aja biasa - biasa aja tuh.

Provinsi Kalimantan barat terdiri dari beberapa wilayah otonomi yaitu 2 kota dan 12 Kabupaten. Tentu Kalimantan barat mempunyai banyak sekali stok tempat wisata yang keren. Mulai dari pantai, pegunungan, pulau, situs prasejarah, monumen ... apalagi yah ... pokoknya banyak deh. Kalau ane jabarin satu persatu bisa kriting nih tangan nulisnya.

Salah satunya adalah Rombo Dait. Rombo dait adalah destinasi wisata air terjun 7 tingkat yang terletak di desa Sekendal Kecamatan Serimbu Kabupaten Landak - Kalbar. Dalam bahasa setempat rombo artinya air terjun, seperti halnya curug di daerah Jawa. Rombo dait adalah surga yang tersembunyi di Kalimantan barat, mengingat rombo dait 'dibungkus' oleh hutan tropis nan hijau disana. (((Dibungkus))) bungkus 1 mas untuk bawa pulang.
Nuansa alamnya masih sangat alami. Udaranya sangat segar dan sejuk, itu karna hutannya masih perjaka. Heh dimana - mana hutan itu perawan, bukan perjaka ! Ini hutannya laki - laki ngok, masak perawan.

Dari ibu kota Kalbar - Pontianak, rombo dait dapat diakses dengan kendaraan roda 2 , 3 dan 4 dengan jarak tempuh kurang lebih 240km. Sobat juga bisa dipandu oleh google maps dengan memasukkan kata kunci "rombo dait".
Untuk akses jalannya sendiri cukup lumayan. Dari desa sekendal s/d rombo dait jalannya masih tanah kuning. Sulit juga yah kalau mau ke rombo dait. Ya namanya juga surga tersembunyi bro, dimana - mana untuk mencapai surga itu ada tantangan tersendiri. Contohnya main petak umpet, kalau giliran jaga nyari teman - teman yang ngumpet, susahnya minta ampun. Tapi kalau udah ketemu teman yang ngumpet, pasti rasanya bangga gitu kan. Iya kan aja lah

Lah, kok jadi ngomongin petak umpet sih ! Ane lanjutin ya ceritanya.
Perjalanan antara desa sekendal - rombo dait sekitar 18km. TaaaaaPiii sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan oleh landskap yang permai khas nuansa hutan tropis dan pedesaan suku dayak belangin yang ramah, jadi nggak terasa tau - tau udah finish aja di rombo dait. Sekedar info aja jalan tanah kuning antara desa sekendal - rombo dait segera akan diaspal oleh pemda Landak agar akses menuju air terjun tampan ini , semakin mudah kedepannya.

                Nah, sekarang ane akan kupas keunikan dari masing - masing tingkatan air terjun dait ini satu persatu. Udah ane terangkan diatas bahwa rombo dait adalah air terjun 7 tingkat, dan masing - masing tingkatan punya keistimewaan tersendiri. Cekicrot .....

1. Rombo dait tingkat 1



Rombo dait atau air terjun tingkat 1 memiliki keindahan yang ampuh meredam rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup memeras tenaga. pemandangannya menyejukkan mata. kadang - kadang juga buat mata kaga mau berkedip, gara - gara ngeliat cewek mandi kaosnya tembus gitu bruakakakakkkk namanya juga lelaki normal. Tapi sekali tu cewek balik badan ternyata seekor bencong berdagu panjang.




Disekitar kolam air terjun juga terhampar pasir putih nan lembut. Kesannya berasa berada di pantai tapi ditengah hutan dengan background air terjun yang menggoda, buehhhh jadi mupeng deh pokoknya.


2. Rombo dait tingkat 2

Rombo dait atau air terjun tingkat 2 letaknya tak jauh dari tingkat pertama. Cuma butuh waktu 5jam aja trekingnya. 5 j a m ? Kaga ane becanda kok. cuma butuh waktu 5 menit aja treking dari tingkat pertama. Airnya sejuk banget sob, mungkin ni air dari kulkas raksasa kali yah. Diameter kolamnya juga lebih gede jadi bisa berenang manja gitu. Uniknya lagi ada batang pohon ditengah kolam jadi kita bisa selfi dengan latar air terjun yang mempesona sanubari jiwa dan hasrat hahayyyy.






Di area tingkat 2 ini kita juga bisa melihat secara exlusive air yang tercurah ke tingkat pertama. Lengkap dengan penampakan aktivitas pengunjung yang lagi mandi atau ngeliat anak - anak yang lagi buat gundukan gunung dengan pasir. 


3. Rombo dait tingkat 3




Cuma butuh waktu 7menit saja dari tingkat 2 finish ke tingkat 3. Disini kita kaga bisa mandi manja karna struktur bebatuan tersebar menutupi area air yang tumpah. Ukuran batu mulai seukuran upil ampe yang raksasa tersebar ciamik di sekitar air terjun. Disini sangat cocok untuk kita berjemur dan menikmati landskap air terjun yang mengalir melalui celah bebatuan. Semilir angin yang membelai tubuh menentramkan jiwa. Apalagi habis diputusin pacar, pas banget dah. Saran ane jangan lupa selfi, tunjukin deh ama mantan loe dengan hastag AkuBisaMelupakanMu di RomboDait.

4. Rombo dait tingkat 4

Untuk bisa finish ke tingkat 4, butuh waktu 8menit treking dari tingkat 3. Sama halnya di tingkat 3, di tingkat 4 juga kaga bisa mandi. Kalau nekad ente bakalan nyemplung ke tingkat 3. Kebayangkan kalau tubuh ente terhempas manja ke tingkat 3, dijamin langsung RIP. Jadi apa istimewanya tingkat 4 ini nyet ?




Kalau ada teropong mantap nih mantau sikon dibawah

Ditingkat 4 ini kita bisa menikmati "tato alam" yang menghiasi tebing batu yang dialiri air yang tumpah. Hembusan angin yang sejuk sambil menikmati pemandangan hijau dari ketinggian tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Trus apalagi ? Suara burung - burung lagi arisan membuat sempurna momen saat berada ditingkat 4. Trus trus .....
Disini ente juga bisa cuci mata. maksudnya ? noh loe lihat aja kebawah (tingkat 3) orang lagi jemuran. Gimana, apakah anda tergoda ? Kaga ah , nanti sekali balik badan bencong yang dari tingkat 1 tadi


5. Rombo dait tingkat 5

Rombo dait tingkat 5 adalah spot favorit ane. Cuma butuh waktu 5 menit jalan dari tingkat 4. Jalannya juga landai, kaga nanjak gitu. Disini suasana naturalnya lebih kentara. Pengunjung juga tidak ramai disini. Padahal disinilah tempat yang paling keren dan indah. Air terjunnya indah juara, strukur batunya juga gagah mempesona sanubari jiwa dan hasrat hahayyyy. Diameter kolamnya lebar, airnya bening banget trus kaga dalam lagi serta pasirnya yang ringan dan lembut membuat tubuh bebas lepas berenang disini. Disini kalau berenang kaga takut hanyut dan jatuh ke level air terjun sebelumnya, itu karna jarak sungai antara tingkat 4 dan 5 lumayan jauh.




Ditingkat 5 juga terdapat goa mini persis dibawah air terjun. Coba bayangin seolah - olah ente berada disini dan buat video untuk disebarin di sosmed. Ente berada di goa mini yang berada persis dibawah air terjun, trus melompat menerobos air yang tumpah dimana adegan itu direkam dengan adegan slow motion dengan lebih dari 1 sudut pandang, kaya adegan film matrik gitu. buehhhh ..... bikin baper. Makanya jangan cuma dibayangin, praktekin langsung.




Oh ya disini kita juga bisa mancing loh, ikannya gede - gede. Jadi jangan lupa bawa pancing kalau kesini, jangan kaya ane kelupaan bawa pancing.


6. Rombo dait tingkat 6 dan 7


Mungkin kalian bertanya - tanya kenapa poin no.6 ini tingkat 6 dan 7 digabungin. Yup, karna struktur air terjun tingkat 6 dan 7 berundak tersambung dan jaraknya berdekatan. Jarak tempuh treking dari tingkat 5 memakan waktu sekitar 10menit. Suasana disini lebih rimba lagi. Area sekitar air terjun sangat rimbun ditutupi pepohonan ukuran raksasa yang rapat tumbuhnya. Siang bolong aja kerasa malam saking teduhnya dedaunan yang menghadang sinar mentari. Selain banyak pohon raksasa, area air terjun ini juga nyaris ditutupi bebatuan dengan ukuran raksasa pula. Adrenalin berpacu ketika kita melompati batu satu ke batu lainnya. Tupai yang kejar - kejaran diatas dahan pohon serta burung berbulu cantik dengan siulnya yang merdu membuat petualangan terakhir menelusuri rombo dait ditutup dengan sempurna.




Waktu itu ane ampe ketiduran berada disini. Rasanya kaga mau pulang. Karna ane kaga bawa bekal dan perut mulai keroncongan akhirnya ane pulang menuju penginapan yang berada di tingkat pertama.
Oh ya, ane ampe lupa di rombo dait ini udah ada penginapan loh. Harganya pun murah meriah cuma Rp 50.000/malam. Orang yang menyewakan penginapan juga bisa dinego soal tarif penginapan jika kita mau liburan beberapa hari disini.

--------------------------------

            Nah gimana perasaanmu setelah membaca ulasan ane diatas. Baper yah ? Hahayyy
Tak salahkan jika Rombo dait adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia.
Jadi buat sobat yang mau kesini jangan ragu dan bimbang lagi yah. Buat saudaraku yang berada di luar daerah kalian bisa cus ke Kalbar dengan menyewa jet pribadi ane, tapi sewanya mahal.
Kalian naik pesawat aja yah, dimana nanti kalian akan landing di bandara internasional supadio Pontianak dan bisa langsung cus ke rombo dait.

Berhubungan jet pribadi ane sewanya mahal dan kernetnya lagi cuti pulkam, ane anjurin kalian naik pesawat aja. Nah untuk memudahkan perjalanan kalian, kalian bisa booking tiket pesawat lewat situs tiket.com
Melalui tiket.com kalian bisa pesan tiket dengan harga yang ramah kantong. Di tiket.com juga sering ada promo lho, jadi pantengin deh situs tiket.com untuk mendapatkan penawaran terbaik. Selain itu jika pesan tiket di tiket.com kalian akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan diskon hotel maupun diskon tiket pesawat.

Sampai jumpa di Rombo dait ya gaes

Caution
Tulisan ini ane tulis untuk memperkenalkan objek wisata yang ada di daerahku Kalimantan barat. Selain itu, artikel ini ane ikut sertakan dalam lomba blog dengan tema "surga tersembunyi di daerahku".
Hitung - hitung nyelam trus kelelep, kali aja menang. Kalau menang, 10% untuk bayar utang negara. 70% untuk bayar utang ditoko depan komplek. Sisanya buat beli tiket kereta api di tiket.com. Sumpah pingin bener ane naik kereta api, gimana rasanya yah. Di Kalimantan soalnya kaga ada kereta api sih. Daaaan kalau tidak menang, tak apa. Setidaknya ane udah kenalkan rombo dait ke khalayak umum.

6 komentar:

  1. Complete edition


    Trims penyajiannya lengkap.
    Salam lestari....

    Tolong dipantau papan tulisan kami yg ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi papan ijo itu peninggalan kalian !
      Mantap

      Salam lestari

      Delete
  2. Mantep banget :D
    Rombo Dait ya, bakal ane inget-inget deh kalo berkunjung ke Kalimantan

    ReplyDelete
  3. Yahut.. Serasa nostalia baca tulisan mu min.
    Jadi pengen nuntaskan hasrat ketingkat 69 . Eh 6 7 maksudnya.
    Kemarin gak smpet kepuncak. Krna trrlu rame pasukan wkwkwkw.

    Btw.. Kalau boleh saran. Banyakin poto yg air terjun 6 7 donk.. Serase nafsu yg nggk tersalurkan ni pas baca bagian 6 dan 7..

    Salam lestari... Terus updated. Jangan pernah berhenti nulis tentang alam.

    Terima Gaji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan thank sarannya. Gegara ane ketiduran di tingkat 6 jadi kaga banyak yang ane foto. Pas bangun perut keroncongan, makanya langsung balik badan kembali ke camp tanpa jpret sana sini.
      Itung - itung buat pembaca penasaranlah. Biar bisa langsung explore langsung , hahayyyy

      Delete