06 August 2017

Perbedaan rombo setegung dan rombo sentaguk

          Karena banyak yang salah kaprah bahwa rombo sentaguk adalah nama lain dari rombo setegung yang ada di desa munggu , ane tergugah untuk mengulasnya.
Sejatinya rombo setegung ya rombo setegung , rombo sentaguk ya rombo sentaguk. Artinya rombo setegung dan rombo sentaguk adalah dua air terjun yang berbeda.




Dulu ane juga beranggapan gitu kok. Dengan nama yang 'hampir sama' , sering kali rombo sentaguk dianggap rombo setegung yang ada di munggu'. Lebih lagi rombo setegung duluan tenar di bandingkan dengan rombo sentaguk yang lebih senang dengan kesendiriannya.


Rombo setegung

Seiring waktu berlalu dan semakin jauh ane masuk pedalaman meng-explore desa - desa yang ada di kecamatan ngabang, kuala behe dan serimbu - kabupaten landak , kini ane tau sejatinya rombo sentaguk bukan rombo setegung. Punya nama yang nyaris sama tapi berbeda. Seperti anak kembar.


Rombo Sentaguk

Berikut perbedaan antara rombo setegung dan rombo sentaguk yang sudah ane analisa dan terverifikasi

1. Beda lokasi


Rombo Setegung terletak di desa munggu kec. Ngabang kab. Landak - Kalbar.
Sedangkan Rombo Sentaguk terletak di dusun Angkabak desa Taras kec. Ngabang kab. Landak - Kalbar
(Beda desa ya gaes)

2. Beda sungai

Kalau rombo setegung di aliri sungai setegung atau sungai seteguh. Di sekitar air terjun ini juga sudah dibangun bendungan PDAM sebagai distributor air baku.
Sedangkan rombo sentaguk di aliri sungai Tameng. Tidak ada bendungan PDAM disini. Tapi Sungai tameng memiliki 3 rombo / air terjun sekaligus seperti rombo melabat , rombo sentaguk dan rombo selanei.

3. Beda karakteristik

Secara geologis rombo setegung hanya menumpahkan air kebawah dari satu sudut saja. Struktur bebatuan terlihat lebih tegak.
Sedangkan rombo sentaguk menumpahkan air kebawah lebih dari satu sudut. Setidaknya ada 3 sudut yang terpantau jelas dimataku. Tidak seperti setegung yang tegak, sentaguk mempunyai struktur bebatuan yang sedikit miring.

      Walaupun pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan , kedua air terjun ini juga punya persamaan seperti berada dalam satu kecamatan , warna air sungai yang jernih agak kemerahan , di apit rapatnya hutan yang hijau , tidak terlalu jauh dari pemukiman warga , serta punya pemandangan yang indah 

Nah kini sobat sudah tau kan perbedaan antara rombo setegung dan rombo sentaguk !
Jangan salah lagi ya gaes

Salam Gembel

0 komentar

Post a Comment