20 August 2017

Cara mudah buat tenda dari bambu

Saatnya berbagi tips. Tips survival ane kali ini akan membahas bagaimana cara membuat tenda dari bambu.
Emang sih di jaman sekarang hampir semua orang yang suka camping udah punya yang namanya tenda. Mungkin cuma ane aja yang kaga punya tenda.
Tapi kagak ada salahnya kan jika ane ulas. Sapa tau aja bermanfaat dikemudian hari. Mungkin saat perang dunia 3 barangkali ! Cekidot ....

1. Persiapkan bambu dan membuat rangka tenda

Cari bambu ukuran sedang untuk tiang sekaligus dinding tenda. Biasanya ane cukup 6 batang aja, lebih banyak tiang lebih kokoh.
Kira - kira setinggi lutut, lubangi sisi bambu tersebut. Kemudian tancapkan bambu tersebut ke tanah membentuk segi empat. Usahakan jarak antara bambu berdekatan, ya kira - kira cukup untuk berbaring lah.


Kemudian hubungkan tiang - tiang bambu tersebut dengan menyelipkan bambu ukuran kecil atau batang kecil (sesuai dengan lubang pada bambu). Jangan lupa diikat agar kuat. Biasanya ane ikat dengan akar atau tumbuhan merambat.
Lihat gambar dibawah ini biar semakin paham.




2. Membuat lantai tenda


Potong bambu sesuai dengan panjang pilar bambu yang sudah berdiri tegak dan Belah batang bambu tersebut. Setelah bambu dibelah jangan lupa bersihkan kedua sisi belahan bambu agar tidak tajam dan melukai tubuh saat berbaring nanti.
Gelar belahan bambu diatas penghubung pilar bambu. Susun dengan baik, dirangkai/ikat selang-seling antara belahan bambu dan penghubung pilar. Tujuannya agar lantai terlihat rapi dan kokoh (tidak bergeser saat kita berbaring)

3. Merangkai Atap dan dinding



Sekarang finishing, Merangkai atapnya. Disini ane menggunakan anak batang bambu. Caranya patahkan 2 anak bambu. Rangkai diujung pilar membentuk atap.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar

Merangkai kasau untuk atap

Trus tambahkan kasau dengan beberapa belahan bambu, jangan lupa diikat.
Kerangka atap tenda udah jadi. Cari daun (daun yang lebar lebih baik) dan Susun dengan baik sampai tiada celah agar saat hujan kaga basah



Untuk dinding cara kerjanya sama dengan membuat atap. Terserah kamu mau berkarya bagaimana.

-------------------------------------------------
Baca juga Teknik Survival ane : cara masak nasi hanya dengan buah kelapa

Gimana gaes ? gampang - gampang - susah kan buat tendanya !
Semoga bermanfaat ya gaes

Salam Survival

0 komentar

Post a Comment