17 March 2017

Cara rebus telur pakai bambu - Teknik survival

Jadi gini, ane itu selain tampan *cuehh tapi juga simpel. Ane paling nggak mau ribet bawa barang ini itu waktu ngetrip. Ane tau sebenarnya sih penting, tapi ya mau gimana lagi, ane lebih enjoy dengan bawaan barang yang simpel. Kadang cuma bawa korek api , kamera ama pakaian yang menempel di badan.

Salah satu barang yang males ane bawa ialah perkakas untuk masak memasak. Tapi kan gaya trip ane ini ala backpacker, sebenarnya penting banget nih perkakas kalau ane sedang explore alam bebas. Maka dari itu, untuk menutupi kekurangan ane itu, skil survival kudu ane punya. Nggak mahir - mahir amat sih tapi mayan lah. Saat ngetrip ane harus pandai - pandai improvisasi memanfaatkan benda yang ane jumpai, ketika dalam perjalanan untuk menunjang keperluan ane. Salah satunya berimprovisasi memasak dengan wadah Bambu.


Tempo hari ni cara udah ane cobain, bahkan udah beberapa kali ane terapin untuk aktivitas masak memasak saat ngetrip. salah satunya merebus telur pakai bambu. Caranya cukup mudah, dan hasilnya sangat memuaskan.

Nggak ada salahnya jika ane berbagi tips teknik survival ini buat sobat. sapa tau aja pas kalian kepepet di kejar babi ngepet sampai mencret , atau pas pesawat yang ente tumpangi jatuh ke laut dan ente terdampar di sebuah pulau dan mencoba bertahan hidup *dramatis banget nyet ... kalian bisa nyobain cara unik yang satu ini. kita mulai aja ya ulasannya

1. Siapkan / cari Bambu

Cari bambu ukuran / berdiameter sedang untuk kita gunakan merebus telur. Potong bambu sekitar setengah meter (sisakan 1ruas bambu utuh)

2. Bilah batang bambu

Bilah / lubangi ruas batang bambu tersebut (sisi ruas bambu) berbentuk segi empat.
Setelah di bilah/lubangi, jangan lupa rapikan bekas bilahan tersebut agar tidak melukai tangan pada saat proses merebus telur (membolak - balik kan telur)

3. Buat api unggun.

Kalau sudah selesai menyiapkan wadah bambu, hal selanjutnya adalah merangkai api unggun.

4. Siapkan dahan bercabang 'Y'

Sesudah api unggun nyala, siapkan dahan kayu bercabang 'Y'. Cukup 2 dahan bercabang Y saja. Cucuk kan / tanam cabang 'Y' tersebut tepat disisi api unggun. Guna cabang Y ini untuk menahan wadah bambu saat perebusan.

4. Rebus telur

Setelah semua siap, saatnya merebus telur. Letak kan wadah bambu yang di buat tadi di atas kedua cabang 'Y' trus isi dengan air.
Tiup api unggun agar apinya galak. Tabur kan sedikit garam pada air rebusan kalau ada. Tujuannya agar cangkang dan isi telur tidak melekat ketika mengupas telur yang sudah matang. Biarkan air rebusan panas selama 3 atau 5 menit, lalu masuk kan telur yang mau di rebus.




Selama proses perebusan, jaga api agar tetap menyala/galak agar telur cepat matang. Jangan lupa bolak - balik telur agar matangnya merata. Kalau air rebusan tinggal sedikit, boleh tambahkan lagi sedikit air. Telur akan matang setelah 30 s/d 40 menit kemudian.
Baca juga Teknik survival yang satu ini : Cara membuat Hammock dengan bambu

Kalau ente masih bingung, ada baiknya menyaksilan dibawah ini. Biar langsung Sreg

Klik Video cara merebus telur pakai bambu dan selamat mencoba


Gimana ? Gampangkan. Semoga teknik survival merebus telur pakai bambu ini menginspirasi sobat ya. Selamat mencoba

Salam Survival

0 komentar

Post a Comment