27 February 2017

Taman mangrove / mangrove park mempawah, destinasi wisata kekinian

Jadi gini kemarin ane cuss ke mempawah karna ada urusan yang harus di selesaikan secara jantan *bueh jantan. Karna mumpung lagi di mempawah dan sebagai backpacker kekinian ... hohoho, tentulah kesempatan ini nggak ane sia siain untuk backpackeran ke tempat yang ajib. Objek wisata yang ane kunjungi ini tergolong baru lho dan lagi hits terutama di kalangan anak muda.

Nama objek wisata ini Taman Mangrove / Mangrove Park Mempawah. Letaknya di pesisir pantai mempawah hilir - Kabupaten Mempawah, Kalbar. Tapi masih banyak orang yang pada kagak tau objek wisata yang satu ini, nggak kekinian sih kwkwkwkwkkk. Makanya kesini , biar loe kekinian.


Tapi ane kesini bukan masalah kekinian, ane kesini pingin nenangin pikiran dan raga yang lelah. Suasanya itu lho bikin ane ngaceng kembali semangat.
Suasana yang damai nan teduh karna rimbunnya pepohonan mangrove. Aroma segar berbau garam yang berhembus dari laut menjadi relaxsasi tersendiri bagi diriku. Serta pemandangan sunset yang berkolaborasi dengan pulau penibong sungguh memanjakan mata saat berada di sunset bridge taman magrove ini.





Taman mangrove ini di bangun pada pertengahan tahun 2016 kemarin atas dasar kesadaran masyarakat menjaga ekosistem pesisir pantai agar tetap terjaga dari aborsi *abrasi nyet. Di dukung pula oleh pemda Mempawah yang memang getol menjaga wilayahnya agar tetap terjaga kelestariannya.




Luas taman mangrove itu sendiri berada dilahan seluas kurang lebih 2 ha dan terdiri dari berbagai macam jenis mangrove seperti mangrove jangkar, mangrove Bulgari, Avicennia Marina, Nipah, Soneratia dan Rhizophora serta Oemar mangrove *itu sih nama si tukang parkirnya umar mangrup.

Tolong no. 4 di CAM kan baik - baik



Jangan katakan kalian pada nggak tau manfaat tanaman mangrove / Bakau ! Parah banget kalau umur loe diatas 15tahun kagak tau manfaat tanaman mangrove. Kemana aja loe sekolah dulu hah ? Tapi buat kalian yang bahlol dan masih kaga tau manfaat tanaman mangrove, sini ane bisikin : manfaat tanaman mangrove itu salah satunya dapat mencegah abrasi dari air laut yang lagi galau.

Playgroup di MPM

Toilet di MPM

Kok ane jadi pak guru sih jadinya, ane kan backpacker bukan PNS. Ahhh kalau ente mau tau tentang si mangrove ini, ente cari aja infonya di google. Ane mau cerita seseruan ane aja betapa tentramnya hati saat berada di taman mangrove mempawah ini. Selain itu, liburan kesini murah meriah coy. Yup murah bingit. Tiket masuknya aja cuma 5ribu/orang. Parkir motor 2ribu, mobil 5ribu, kontainer 7ribu pesawat 10ribu. Gimana murah kan !


Tiket masuk umum Rp 5000
Pelajar / mahasiswa Rp 3000

Kalau ente mau kesini dan nggak tau letak persisnya dimana ... gampang coy ! Taman Mangrove ini tepat berada di samping makam pahlawan mempawah (jangan lupa mengheningkan cipta sejenak kalau berlibur kesini). Itu bah , sebelum pondok penibong yang tersohor dengan spot sunset nya itu.
Masih bingung ? Kagak tau lagi ? .... keluarin gadget loe, buka aplikasi google maps, search dengan kata kunci ' Mangrove Park Mempawah ' , trus loe ikutin deh panduan dari google maps, pasti ketemu dah.



Plang Mangrove Park Mempawah
Contoh menggunakan aplikasi google maps

Disini kita tidak hanya bisa menikmati keindahan mangrove saja, karna ada paket lain yang bisa dijajal untuk menikmati sensasi liburan kekinian. Yaitu plesiran keliling pulau penibong pakai kapal klotok. Cukup membayar 20ribu kalian sudah bisa plesiran manja menikmati keindahan laut mempawah.




Jujur waktu itu ane nggak mau nyobain keliling pulau. Kenapa? Mahallll. Ya bagi ku yang hanya seoarang Traveler gembel ini, tarif yang ditetapkan pemilik kapan klotok mahal. Kenapa ane bilang mahal, ente bayangin aja di kalbar setidaknya ada 3 wisata Taman Mangrove yang ane tau. 1 di mempawah ini, 1 di singkawang (lagi dibangun fasilitasnya), 1  nya lagi di sambas. Kalian mau tau keliling pakai speedboad di sambas berapa? Cuma 3ribu. Yup 3ribu doang. Mungkin sekarang udah naik harganya kira - kira 5ribu. Kebayang dong perbandingan yang sangat signifikan antara keliling pulau penibong di mempawah ama keliling pesisir pantai yang ada di sambas. Semoga aja kedepannya masalah tarif yang di tetapkan di mempawah ini bisa ada kelonggaran alias diskon, hehehehee ngarep.

Sumpah ane jelek tapi Tampan

Ane mau kasik saran nih buat kalian yang membawa keluarganya kesini dan membawa anak - anak. Jangan ragu, karna disini sudah tersedia fasilitas edukasinya, ada playgroupnya. Jadi keputusan tepat membawa si buah hati kesini, karna selain dapat berlibur manja, si buah hati juga dapat pelajaran tentang mangrove itu sendiri. Baik jenisnya sampai manfaat tanaman mangrove itu sendiri. Tips dari ane kalau bawa anak - anak, tetap jaga anak ente dan jangan lupa lotion anti nyamuk mengingat disini wilayah pesisir.
Oke, sekian dulu cerita ane kali ini semoga dapat memberi secercah inspirasi buat kalian yang udah berkunjung di blog ane. Ingat jaga terus alam kita ini. Jangan di rusak.

#SaveMangrove

4 komentar:

  1. Aih... seru yak, pengen kesini belom ada waktu luwang. mudah2an ada waktu ntar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bingit bos. Loe kudu kesini bos biar kekinian + jangan lupa jajan juga.

      Delete
  2. Wah seru tulisanya, ngomong2 air laut galau itu gimana sih? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma acih.
      wew , air laut yang galau seperti omelan emak emak dari pagi ampe malam kaga kelar - kelar. nah seperti itulah terjangan air laut yang galau, gelombangnya kagak berenti menggerus daratan pesisir pantai.

      Delete