06 January 2017

keindahan danau biru yang ada di singkawang

DANAU yang airnya BIRU !!! DI KALIMANTAN BARAT ??? Mungkin masih banyak yang belum tau bahwa di Kalimantan Barat ada danau yang airnya berwarna biru seperti danau sawahlunto di SumBar atau Kalibiru yang ada di Jogjakarta. 
kalau air yang biru di baskom saat emak ane nyuci sih ada ... itu air baskomnya di kasik Belau bego'
Tapi nggak sedikit juga yang udah pada tau bahwa di KalBar ada danau yang airnya berwarna biru. anak cabe - cabean ama anak bawang pasti udah banyak nih yang tau.




Sesuai dengan keadaannya Danau ini bernama Danau Biru yang terletak di kota Singkawang - KalBar.

Ente nggak perlu repot - repot harus ke sumbar atau ke jogja hanya untuk menikmati landskap danau biru. cukup ke kota Amoy kalian sudah bisa menikmati danau yang airnya berwarna biru Tosca + beningnya paha amoy.


Danau biru yang ada di singkawang ini terbentuk dari sisa aktivitas PETI dahulunya. Namun ketika kandungan emas dianggap sudah nggak ada, bekas galian PETI di biarkan begitu saja. Sehingga menyisakan galian/kawah. Lambat laut kawah terendam air hujan serta mata air *termasuk mata air orang - orang yang lagi galau itu air mata * yang menggenangi kawah bekas galian serta menampung kenangan biru kita dulu *pa an sich

Tidak ada yang tau persis kapan danau ini airnya mulai membiru. Mungkin bekas aktivitas PETI yang menyisakan kandungan kimia yang bercampur pula dengan kandungan kimia yang ada di daerah danau biru ini ... sehingga terbentuklah danau biru.
Atau mungkin juga bekas cucian emak emak yang pakai sabun cap tangan di buang kesini sehingga jadi biru tosca deh airnya ... ngaco loe coeng !

Ane belum pernah ngegembel kemari , makanya dengan budget 35 ribu ane putuskan untuk cuss ke danau biru.
Ngetrip ane kali ini ditemenin ama Udin. Ya panggil saja dia Udin, dia adalah teman baruku.


Berangkat dari kota Pontianak ane menggunakan motor. PP menggunakan motor ane beliin bensin 30ribu (beli di SPBU ya) sedangkan 5ribunya untuk konsumsi.
Emangnya Cukup nyet ? 
Begini ceritanya ;
Karna ane nggak tau persis letak danau biru makanya ane andelin google maps.



Seperjalanan menuju danau biru tepatnya di kota mempawah ane isi bensin 15ribu. Sesampainya di daerah Sungai raya ane singgah di toko lesehan di pinggir jalan (insting ane warung ini pasti murah meriah dan ternyata bener). Disitu ane membeli gorengan seribu untuk ganjel perut , 2bungkus mi panjang umur seharga seribu/bungkusnya dan ane nggak tau kenapa mi ini di kasik nama mi panjang umur ... bodo' yang penting ane kenyang dan irit. Trus 2ribunya ane beliin es sisri tapi ane beli es nya di warung deket danau biru. Dan pulangnya ane mampir lagi di SPBU yang sama ketika isi bensin tadi yaitu di Mempawah. Jadi pas 35ribu budget yang ane gelontorkan.


Jalan setapak di TPS wonosari untuk menuju Danau biru 

Sampai di penghujung petunjuk google maps tepatnya di daerah TPS Wonosari ane sedikit bingung karna tidak ada plang(plangnya jatuh , mungkin tertiup angin). Jadi ane muter - muter. Akhirnya ane curiga pada jalan setapak dan ane telusuri. Ternyata bener ini lah jalan finalnya dan ane pun finis di danau eksotis ... Danau biru eng ing enggggg


Tidak ada pengunjung lain, cuma ane dan udin yang ada di danau biru ini. Tepat di bawah pohon rimbun ku nikmati angin sepoi sepoi yang membelai halus wajah dan tubuhku. Pemandangan Air danau yang biru Tosca itu memberi kan arti penuh syukur akan ciptaan Tuhan. Sekilas daerah disini terlihat tandus kering kerontang akibat bekas aktivitas PETI tempo hari. Namun rencana Tuhan begitu heran dan indah , dan itu terbukti disini. walaupun di padang tandus sekalipun, pemandangan danau biru bisa menyejuk kan sepasang mata yang lelah.

Background pegunungan Pasy yang membentang tegap melengkapi pesona landskap danau biru ini.


Sudah saatnya makan siang. Ane dan udin pun menyantap mi panjang umur yang dibeli tadi sambil menikmati keindahaan danau biru yang di sokong dengan cuaca cerah hari itu. Bueehhh ... sedappp pokoknya.

Karna mi si Udin nggak habis jadi ane yang habisin , eeehxxx kenyang.


Makan siang dulu sob


Selesai makan kami rehat sejenak. Setelah rehat dan suasana bertambah exclusife ane dan Udin pun memanfaatkannya dengan berselfie ria. Berikut penampakannya ;





Disarankan buat para traveler yang berkunjung kesini jangan berenang atau minum air danau ini atau numpang boker ... bahaya nanti pantat loe berubah biru mau loe.
Tapi ente jangan berkecil hati , menikmati keindahan yang disuguhkan danau biru ini serta pemandangan bebatuan yang tersusun ciamik disekitar danau tentu menambah pengalamanmu dalam berpetualang.
Buat kalian yang modal pas pas san tapi sok sok an punya gebetan ... rekomendasi banget nih tempat coeng. Tapi jangan loe mesum yah disini coeng.

Baca juga : " Spot keren menikmati sunset di KalBar  "

Danau biru ini belum secara aktif di perkenalkan secara luas baik dari kalangan pemerintah maupun penduduk setempat. kabarnya hanya lewat kabar burung alias mulut ke mulut mengingat danau ini terbentuk dari peninggalan PETI yang mungkin dinilai berbahaya bagi pengunjung awam.
Namun buat ente yang senang hal baru dan tantangan wajib berkunjung ke danau biru singkawang ini.

Danau Biru di Singkawang

so kapan kemari Sob ...

SALAM TRAVELER

0 komentar

Post a Comment