16 November 2016

Cara merebus mi instan tanpa wadah ( Teknik Survival )

                Saatnya berbagi tips. Yuup , sebelum ane bercerita kembali tentang backpacking ke wisata yang udah ane kunjungi , ada baiknya ane berbagi tips terlebih dahulu. Tips atau boleh di kategorikan Teknik Survival kali ini akan mengupas tentang cara merebus mi instan tanpa wadah.



Kenapa harus tentang mi instan sih Zonk ?



Karna mi instan bukan lagi hal baru dalam dunia backpacker. Tentunya buat kalian para petualang pernah menyisipkan barang ini kedalam bagpack kalian sebagai makanan cadangan.



Selain dapat dijadikan sohib saat ngetrip, mi instan ini juga tergolong barang yang murmer dan dalam segi ukuran dan penyajian termasuk yang paling simple.



Namun apa jadinya jika tidak ada wadah untuk merebusnya ?
(Mungkin lupa bawa, atau ketinggalan,atau apa lah ... pokoknya selalu ada alasan untuk itu)
Biasanya para adventure berimprovisasi dengan menggunakan kaleng sebagai pengganti wadah.

Nah, kalau kaleng pun tak ditemukan dan parahnya saat itu kalian sudah lapar bingit, gimana ?
Ane pernah mengalami hal seperti itu, akhirnya tu mi instan ane makan mentah aja. ada yang senasib ??? ... pasti banyak
Lama kelamaan ane pun berimprovisasi dengan menggunakan cara di bawah ini ;

Langkah pertama :

Rangkai kayu menjadi unggun.
Sembari menunggu kobaran api membesar (dengan cara dikipas atau ditiup)
Curahkan air secukupnya pada mi instan yang sudah di remas terlebih dahulu.
Hati - hati meremas mi instannya agar plastiknya tidak sobek.

Langkah kedua :

Setelah kobaran api membesar
Ikan bungkus mi instan dengan tali layaknya menyerupai pancing.
Waktu itu ane mengikat bungkusan dengan tali sepatu.

Langkah ketiga :

Rebus mi instan tersebut di kobaran api selama 2 s/d 3 menit. Matang deh mi instannya

Tapi apa nggak  kebakar/runyem tu bungkus plastiknya ngok ?

Ada teknik khususnya nyet , perhatikan dengan saksama :
Sewaktu merebus mi instan di kobaran api , bungkusnya harus mengenai kobaran api. Jangan ada jarak antara bungkus dan api.
Jangan mengenai bara api , kalau terkena baranya ya bungkusannya bocor deh.



Fishing on fire


Kok bisa sih bungkusan/plastik mi instan nggak kebakar ?

Nah itu dia, ane kurang fasih menjelaskannya secara ilmiah dan mendetail. Dulu waktu SMP pas pelajaran IPA Ane bolos sob, jadi harap maklum.
Yang pasti sudah bertahun - tahun ane praktek langsung dan hasilnya memuaskan.


Selamat Makan
                     Ok ... sekian dulu Tips dari ane. semoga bermanfaat dan selamat mencoba. kalau ada yang masih bingung atau mau menambahkan ... mari kita bincang - bincang di kolom komentar di bawah ini.

Salam Gembel

Salam Survival

27 komentar:

  1. Replies
    1. Hehehehe... untuk menambah wawasan saja sob

      Delete
  2. Jadi Pengen Nyobain Saya gan... hahahhaa keren keren keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, silahken.
      Cuma saran ane jangan keseringan. Lakukan saat genting saja

      Delete
  3. Replies
    1. Tapi hanya dilakukan saat bener - bener kepepet ya sob

      Delete
  4. mantap gan... saya suka survival... di tunggu artikel lainnya

    ReplyDelete
  5. Emg betul sih gan..tp bisa bahaya utk kesehatan.soal nya bungkus nya kan plastik,jd pasti sedikit menguap jika di panaskan.jadi nya bercampur dgn mie nya.bahaya kan???

    ReplyDelete
  6. Emg betul sih gan..tp bisa bahaya utk kesehatan.soal nya bungkus nya kan plastik,jd pasti sedikit menguap jika di panaskan.jadi nya bercampur dgn mie nya.bahaya kan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh sebab itu cara ini hanya dilakukan saat genting atau kepepet. Bukan sebagai ajang cari sensasi. Thank kunjungannya

      Delete
  7. boleh juga idenya bro....

    camping minggu depan kita...

    jangan lupa siap-siap fisik dulu akhhh

    http://www.injakpedal.com/bersepeda-jarak-jauh-tak-masalah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...
      Selamat mencoba dan selamat camping.

      Delete
  8. Unik gan cara nya, oiya makasih yah atas cara merebus mie instan nya

    ReplyDelete
  9. haha, unik nih..
    ane kasih pendapat dikit kenapa plastiknya gak kebakar pas kena api, karena di dalam plastiknya ada air.. jadi apinya kena air langsung,

    nah kalo bakarnya api gk menyentuh plastik kan airnya gak kena jadinya kebakar plastik

    #SOktau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep ... masuk akal. Thank kunjungannya sob.

      Delete
  10. Replies
    1. Kalau kepepet doank ni cara baru ane pakai

      Delete
    2. Kalau kepepet doank ni cara baru ane pakai

      Delete

  11. My family members every time say that I am killing my time here at net, but I know I am getting familiarity everyday by reading thes good content. capital one credit card login

    ReplyDelete