22 October 2016

Pekasam ikan bikin lidah bergoyang

           Hai guys , lagi musim apa di tempat kalian saat ini ? Di tempat ane lagi musim hujan nih. Disaat hujan semua basah cuma dompet ane aja yang kering karna belum gajian weeewww.
Bicara soal hujan pasti bawaannya laparrr. Oleh sebab itu ane mau bagiin kisah betapa enaknya menyantap pekasam ikan khas kalimantan.


Gini - gini ... mungkin dari kalian ada yang udah tau apa itu Pekasam ikan, tp ane yakin banyak juga sobat pembaca yang belum tau apa itu pekasam ikan.

Pekasam ikan adalah ikan yang di fermentasi secara sederhana tapi bercita rasa dasyat. Kalau istilah sopannya sih pekasam ikan ialah ikan yang di busuk kan. IKAN DI BUSUK KAN ! APA RASA NYA ? Rasanya warbiasa ngok


Ikan yang di pekasam biasanya ikan sungai, tapi bisa juga dari ikan laut. Tapi yang lebih enaknya ya dari ikan sungai. Cara pembuatannya pun simple. Cukup buang isi perut ikan, bersihkan. Campurkan ikan dengan garam dan nasi (kalau orang banjar biasanya menggunakan beras ketan yang di sangrai terlebih dahulu), lalu masukkan/peramkan di dalam toples , tutup rapat. Peramkan 3 atau 10 hari (tergantung banyaknya ikan). jadi deh pekasam ikannya.


Kenapa masyarakat khususnya Orang Kalimantan suka buat pekasam ikan ? Bukan karna orang Kalimantan suka makan yang busuk - busuk ya nyet. Melainkan cara ini adalah bukti kecerdikan orang Kalimantan mengolah sesuatu yang melimpah ruah khususnya ikan. Yup , ikan di Kalimantan banyak, kalau kebanyakan trus nggak mampu memakannya kan sayang , mubazir. Oleh sebab itu tangkapan ikan yang melimpah ruah sebagian di konsumsi langsung, sebagian di buat pekasam.


pekasam ikan ane nih
Nah, bicara soal pekasam ane jadi teringat nih waktu ngetrip tempo hari, di pondok kecil yang berada di pematang sawah. Dimana pada saat itu kita makan siang, hanya ada 2 jenis menu. Nasi dan pekasam ikan.Kebayang nggak tu nikmatnya makan siang , nasi hangat + lauknya pekasam ikan, pakai tangan nyuap nasinya, landskapnya hamparan padi dan langit yang membiru. Lahap ane makan , Pekasam ikan membuat lidah bergoyang.


            Pekasam ikan akan terasa lebih enak jika di campur dengan daun kunyit yang sudah di iris tipis saat memasaknya, pokoknya membuat lidah bergoyang deh.
Jadi buat kalian nan jauh disana yang pingin mencoba sensasi pekasam ikan, nggak perlu repot - repot harus ke Kalimantan. Buat sendiri aja bisa.
Dan buat kalian yang sedang merantau dimanapun kalian berada !
Cepatlah pulang nak , Pekasam ikan ibu mu menunggu kehadiranmu ...

6 komentar: