21 July 2016

Cara libur murah ke pulau Lemukutan

           Pulau Lemukutan, yang berasal dari 2 kata ---> lemu : Lembu dan kutan : hutan. Artinya pulau ini mirip seperti seekor lembu dan pulau ini ditumbuhi pepohonan membentuk hutan, maka jadilah dia LEMUKUTAN. Ente bisa melihat pulau ini mirim lembu jika dari atas sana atau dari satelit atau dari peta yang berhasil ane jepret dibawah ini.
Pulau Lemukutan yang luasnya 12.580 ha dan menurut data statistik berpenduduk sekitar 978 orang, ane tambahin jadi 980 orang karna ada 2 ibu - ibu bunting besar, menyimpan segudang aktivitas seru dan keren. Bagi sobat yang akan sedang ingin berlibur kesini namun modal pas - pasan ane ada sedikit tips dan trik bagaimana berlibur asyik dan murah di pulau ini. 


Apanya yang mirip lembu ya ...???

Yoshh ... baiklah ane akan bagiin cara berlibur murah ke pulau Lemukutan dengan 2 cara.

Cara ngegembel dan cara biasa



1. Cara ngegembel



Kalau ente emang gembel traveling sejati ane nggak perlu banyak bacot lagi , tapi buat yang ingin menjadi atau pemula gembel traveling , ente boleh ikut cara ane ini. Saya anggap ente sudah berada di Singkawang Kalbar atau Sungai Raya. Lantas ente langsung aja mencari dan masuk tempat wisata pantai samudera indah karna kapal penyebrangan berada di pantai ini (dulu sih di teluk suak tapi udah pindah). Jalan kaki sekiloan meter nggak masalah lah, nanti ente akan nemuin tikungan dimana pengunjung diarahkan berbelok kesebelah kiri karna pantai samudera ada disitu , Nah kalau ente ikutin arah itu ente bakalan nemuin pintu gerbang penjaga dimana ente harus membeli tiket agar dapat masuk di pantai itu.

Ane saranin ketika ente nemuin tikungan ente lurus aja sampai mentok pantai baru ente langkahkan kaki kesebelah kiri, maka ente tidak perlu merogoh kocek yang ditafsir sektar 20-25 ribu ,,, lumayan kan. Kalau ditanya gini gitu bilang aja lagi nyari pokemon hehehehhe
yang pakai motor berarti ente bukan gembel dan jangan sekali - kali lewat sini karna bakalan nggak bisa so dipagarin ama yang punya tanah  , hehehehe.

Sesampainya di dermaga ente coba perhatiin orang yang akan menyebrang ke pulau pasti kelihatan lah perbedaan orang ingin nyebrang pulau dengan penjual asongan. Trik nyebrang pulau : Ente cari target empuk, utamakan laki - laki umur 35 thn keatas, berpakaian rapi serta memiliki asesoris yang biasa melingkar di leher , lengan atau jarinya biasanya sih orang kaya gini tajir. Saatnya ente action , ubah mimik muka ente jadi muka kasian bila perlu tambahin sedikit bedak debu di pipimu , celana sinsing sedikit , kerah baju sampingin sedikit trus ajak ngobrol tu orang. Ngobrol yang mendasar aja, setelah suasana berubah santai ente tutup poin langsung bahwa ente pingin berlibur di pulau lemukutan tapi dana pas - pasan , boleh nggak saya numpang abang, barang abang saya bawa deh sampai penginapan sebagai upahnya kalau abang beri saya tumpangan(75% pasti berhasil) .

Anggap aja opsi pertama gagal , pakai opsi kedua dan kali ini sasarannya si pemilik kapal. ente melas lah ama tu pemilik kapal, tawarkan dia jasamu entah ngepel kapalnya , nimba air yang masuk dikapal , bantu bawaain barang penumpang , atau pijatin dia , pandai - pandai ente lah. Ane yakin tu orang pasti iba dan akan ngijinin ente naik kapalnya.

Nah kalau sudah sampai di pulau ente jangan takut kelaparan asalkan jangan malu aja, penduduk disini baik - baik hatinya , ente minta aja ama penduduk sini. Kalau malu ente mancing aja secara ikan di pulau ini besar - besar sebesar telapak tangan ane dengan waktu relatif singkat mancingnya. Haus ? jangan khawatir backpacker gembel , karna disetiap sudut pulau ini sudah tersedia pipa - pipa yang menyalurkan air dari mata air bukit yang ada pulau ini.



Mau yang manis - manis ? ente tinggal panjat tu pohon kelapa yang berjejer rapisepanjang pula , cuma saran ane jangan ambil kelapa yang dekat dengan penginapan karna kelapa itu untuk dijual. ente bisa menemukan hamparan pohon kelapa di sebelah selatan pulau ini. sampai kembung pun terserah ente. Masalah aktivitas petualangan sobat , itu terserah ente karna setiap orang punya cara masing - masing untuk bersantai ria. Itu aja yang bisa saya bagikan kepada sobat gembel dan selamat mencoba.

2. Cara biasa

Cara ini buat ente yang bukan gembel traveling tapi status ente nggak kaya - kaya amat alias kere tapi gengsi dan betingkah pula hahahahaha ...
Ane anggap ente sudah berada di pantai samudera indah dan sudah membayar tiket masuk untuk mendukung kemajuan pariwisata kalbar , wuuueeessss ... Ente parkirkan kendaraan ente ditempat yang sudah disediakan tepat di dermaga yang akan menghantarkan ente ke pulau.



Biaya parkirnya cuma 5 ribu kok dan dijamin aman. Mau lebih aman lagi ente ajak nobrol tu si jukir dan beri dia sebatang rokok dijamin motor ente aman dan mulus nggak kegesek dengan motor yang lainnya. Cari kapal yang menuju ke pulau lemukutan, tarifnya cuma 25ribu doang kok, usahakan cari pemilik kapal langsung karna kita masih bisa nego ama tu orang. ente bisa tawarin juga tu orang jasa pijat atau apa kek agar dapat harga diskon. oh ya , harga segitu sudah termasuk pulang pergi lho , murahkan. Tapi jangan heran jika penumpangnya ramai, karna ongkos nyebrangnya murah sih. Siap - siap aja karna ente akan menjadi ikan asin buhahahaha....

Untuk menyebrang memakan waktu 1 sampai 2 jam tergantung cuaca laut. sesampainya di pulau lemukutan dan ente bingung mau nginap dimana ! ente nggak perlu segitunya kali karna disini buanyak menyediakan tempat penginapan. Bukan harga mati untuk bisa menikmati sensasi menginap di pulau ini, karna kita masih bisa nego harga tergantung bagaimana ente bernegosiasi. harga permalamnya bisa dipatok mulai dari 100ribu s/d 300 ribu. 


salah satu penginapan yang ada di lemukutan

Penginapan disini sudah menyediakan dapur yang lengkap dengan peralatannya bahkan ada juga penginapan yang menyediakan bumbu dasar masak jadi ente bisa memasak makanan sesuai selera ente. Penginapan dapat ente pilih di sepanjang pesisir pulau bagian barat dan timur.
Kalau ente nggak mau menginap di penginapan dan bermaksud memasang tenta silahkan , ane saranin ente pasang tenda di arah timur pulau , jadi ketika matahari terbit ente dapat memanjakan mata. atau arah utara karna disini surganya terumbu karang.



Pokoknya berlibur dipulau ini ente bakalan senang deh, banyak aktivitas yang dapat ente lakukan disini seperti memancing dan snorkling yang menjadi aktivitas populer di pulau ini. Ente juga dapat menikmati indahnya sunset dan sunrise yang memukau.

Kalau ente mau snorkling , ente bisa menyewa peralatan disini mulai dari harga 35 ribu s/d 40 ribu sampai puas. Kalau ente mau menyewa peralatan snorkling murah cuma 25 ribu ente bisa hubungin Bang Budi relasi ane di pulau lemukutan. Klik link ini untuk tau lebih lanjut --> Snorkling murah di pulau lemukutan
Nah itu dulu lah tips dari ane , semoga bermanfaat dan selamat berlibur




SALAM ADVENTURE

8 komentar:

  1. Jdi kepengen es klapa mudanya bro

    ReplyDelete
  2. Blog nya banyak menginspirasi buat yg ingin berpetualang,tolong kasi tips tidur aman dan nyaman di pantai pulau lemukutan tanpa menggunakan tenda (tidur di alam) donk bang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih udah ada cara bermalam gratis di pulau lemukutan yang ane rilis di artikel cara mencari penginapan di pulau lemukutan. Tapi ane belum pernah tidur di alam bebas saat di lemukutan, karna ane di tawarin nginap ama orang orang , hihihi... tapi pengalaman ane tidur di alam bebas seperti biasanya ane manfaatin apa yang ane temuin di alam. Semisal merangkai dahan dan daun menjadi pondok. Ok nanti ane kupas tuntas deh cara caranya. Di tunggu ya

      Delete
  3. Mas Fajar sekali travelling paling banyak menghabiskan biaya berapa rupiah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ribu sob. itu pun habisnya untuk ongkos PP. Pokoknya Radius 200km dr rumah nggak boleh lebih dari 100 ribu.

      Delete
  4. Kalau penginapanny, kira2 d sediakan tempat tidur gak bg, seperti bantal guling selimut alas tidur atau sebagainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sediakan bro, Tenang aja. Bahkan ada penginapan yang menyedia kan alat memasak seperti kompor,panci,kuali dan beberapa bumbu masak. Ada juga penginapan yang memanjakan wisatawan dengan paket makan komplit, jadi pengunjung nggak repot lagi masak. Oh ya Pada malam hari baru ada listrik, dari jam 18.00 - 06.00

      Delete