30 June 2016

Tumbuhan Liar untuk obat sakit kepala saat sedang di alam bebas

            Halo kawan jumpa lagi kita. Kali ini ane mau membagikan tips mengobati sakit kepala atau pusing sama sobat petualang. Sakit kepala atau pusing dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Penyebabnya bervariasi mulai dari stres (mungkin dikejar utang di toko Akiong) , dehidrasi  , capek dll.

Saya yakin kita semua pernah mengalami yang namanya pusing dan itu normal terjadi. Nah kalau pusing saat ngetrip , ane kira sobat petualang juga pernah mengalaminya. Nasib baik kalau ente ada bawa obat saat ngetrip ... nah kalau kagak , bisa panik ente.
Tapi tenang ane ada solusinya , langsung aja baca ulasan ane di bawah ini :

1. Daun Landep

Daun landep juga bisa meringankan sakit kepala sob. Untuk meringankan / menghilangkan sakit kepala, ambil 1 genggam daun landep segar, dicuci lalu ditumbuk halus.


Tambahkan air secukupnya hingga menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian kening.
Istirahat bentar dan pusing pun hilang.

Ramuan ini juga dapat mengobati sakit pinggang dan rematik. Caranya, balurkan saja ke bagian tubuh yang sakit.






2. Daun Pegagan

Tanaman pegagan sering juga disebut daun tapak kuda karena bentuk daunnya yang mirip telapak kaki hewan tersebut.

Sebagai tanaman rambat yang bisa tumbuh di mana saja di Indonesia , khasiat daun pegagan sebagai obat tradisional cukup ampuh karena gampang ditemukan di hutan saat sobat berpetualang.

Untuk mengatasi sakit kepala, ambil segenggam daun pegagan, rebus dan saring airnya, beri 1 sendok madu kalau ada kemudian diminum.



3. Daun Kayu Putih

Ambil daun kayu putih kira - kira segenggam. Rebus daun dengan air kira - kira 2 gelas. Diminum selagi hangat. Sakit kepala sobat pun punah.

Untuk masuk angin juga bisa nih daun , cara nya rebus daun , setelah mendidih kan keluar uap tu nah ente hirup. kalau ane sih uapnya di tambat menggunakan selimut , semungkur gitu. sekali keluar keringat ngucur dan badan terasa ringan.









4. Daun Jalantir

Tumbuhan perdu yang satu ini banyak sekali di jumpai di alam liar. Sobat bisa menggunakan daunnya sebagai obat sakit kepala.

Caranya : ambil beberapa helai daun , rebus dengan 1 atau 2 gelas air . Diminum selagi hangat









5. Daun Sintrong

Sama halnya dengan daun jalantir , tumbuhan ini banyak dijumpai di alam bebas. Untuk sakit kepala : rebus daunnya dengan sedikit air. Diminum selagi hangat.

Tapi jangan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan penggunaannya jangan berjangka panjang sebab bisa menyebabkan kerusakan hati dan berpotensi munculnya tumor.









6. Daun Sambung Nyawa

Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini , dari namanya aja kita sudah bisa nebak 3 angka togel ,,, eh salah maksudnya udah bisa nebak nebak bahwa ni daun pasti bermanfaat.

Ambil beberapa daun sambung nyawa trus cuci bersih trus dilalap deh. Ini daun termasuk lalapan kesukaan ane. Rajin lalap daun ini nyawa anda tersambung hehehe ...








7. Daun Kelor

Dunia ini tak sekecil daun kelor itu lah kalimat populer yang sering kita dengar. Walaupun kecil daun kelur ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit salah satunya pusing.

ambil beberapa lembar daun kelur , sedu daun ibarat ente membuat teh ... teh daun kelor. Minum selagi hangat , enak ... bermanfaat lagi.







8. Daun Awar - awar

Banyak orang belum tau khasiat tumbuhan liar yang satu ini. Termasuk dalam kategori perdu , daun awar - awar bisa meringankan sakit kepala ente.

caranya : ambil daub awar - awar yang masih muda dan segar , ulek hingga halus , tempelkan pada kening dan bagian belakang telinga (di pakai untuk kompres)

Daun dan buahnya juga bisa dipakai sebagai penawar racun , salah satunya P3K untuk racun ular , kalajengking , lipan dll.







                Udah dulu ah , saya kira 8 dedaunan yang ane ulas cukup. kalau ada penambahan dilain hari aja, udah ngantuk ane. semoga apa yang saya ulas di atas bermanfaat bagi sobat petualang.

Salam Sehat

Salam Backpacker

3 komentar:

  1. Ternyata banyak yaa oabat sakit kepala yang bisa kita temukan di alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob , alam kita ini menyimpan banyak sekali manfaat , tp sayang semakin hari semakin terbabat oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Thank dah mampir di gubuk ane sob

      Delete
    2. Betul sob , alam kita ini menyimpan banyak sekali manfaat , tp sayang semakin hari semakin terbabat oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Thank dah mampir di gubuk ane sob

      Delete