03 April 2016

Tips Cara makan murah ala Backpacker

    Ha ha ha ... belum apa - apa saya sudah tertawa dulu karna kali ini saya akan mengulas tentang tips cara makan murah ala backpacker , lebih tepatnya sih membeberkan rahasia ku ketika Xpdc ke suatu tempat. Seorang backpacker di tuntut bisa menghemat anggaran perjalanannya termasuk perihal Konsumsi alias makan, Nah bagaimana cara berhemat ala backpacker versi saya ???
Saya gak mau banyak celoteh lagi kita langsung saja kupas

1. Makan di Rumah Makan sederhana atau Warteg

ilustrasi makan di warteg
          Mungkin bagi kebanyakan orang cara makan murah yang satu ini bukan lagi cara yang waaaaaaaahhhh melainkan sebuah rahasia umum yang semua orang pada tau. Tapi tau kah sobat masih banyak diantara kita yang belum tau cara memaksimalkan potensi makan murah di Rumah makan sederhana atau Warteg.
Apalagi kalau sobat berperawakan meskulin , kalau tidak mempunyai jurus jitu tetap saja sobat menjadi korban alias makan sederhana tapi ketika bayar kena harga mahal.
Nah bagaimanakah cara memaksimalkan potensi " makan murah " di Warteg ? .... begini caranya :
Ketika kita hendak makan di Warteg sebaiknya sobat jangan banyak milih (yang penting kenyang, hahaha) dan yang terpenting ketika memesan makanan sobat langsung 'tembak aja'. Contohnya ;

Saya : makan Mbak/Mas !!

Mbak/Mas Warteg : makan disini atau bungkus ? , 

Saya : Makan disini Mbak/Mas 1 piring

Mbak/Mas Warteg : sayur/lauk nya apa ?

Saya : (langsung tembak) --> saya beli 6.000 terserah Mbak/Mas aja sayur/lauk apa , oh ya minumnya air putih aja

      Dalam peristiwa ini ada baiknya sobat sedikit berekting : pasang muka bingung dan laparmu , jangan membusungkan dada akan lebih baik membungkung. Hasilnya sobat dapat hemat dan kenyang, meskipun sayur/lauknya bisa di tebak : sebutir telur rebus yang di goreng , lalap pucuk daun ubi , 1 bakwan (syukur-syukur kalau di kasik) dan sambal. Tapi saya juga sering mendapat doorprize berupa rendang 1 potong hehehe. 1pertanyaan 2jawaban ; Abang mau rendang ndak ? Mau mbak. Mau ...!!! haehehehe


2. Makan di kantin SD Negeri atau warung di dekat area SD Negeri.

ilustrasi jajanan SD Negeri

            Hahaha , mungkin terdengar aneh ya sob, tapi jangan salah cara ini terbukti ampuh menekan anggaran perjalananmu. Bayangkan jika sobat makan di restoran atau tempat sejenisnya Harga bisa mahal 5x lipat. Yang jadi pertanyaan kenapa harus di SD Negeri bukan Swasta atau SMP & SMA. Emm ... menurut pengalaman saya ( hahahaha ) ...... Kalau SD Swasta atau SMP & SMA , pedagang atau penjual punya pandangan perspektif, mereka berpikir kalau yang SD Swasta adalah kumpulan orang tua murid yang mapan dan pasti uang jajannya gede padahal tidak semua orang tua murid SD Swasta orang kaya sih. Begitu juga dengan SMP & SMA pedagang berpikir uang jajan anak SMP & SMA di atas rata - rata karna sudah pada remaja ya gak mungkin lah di beri jajan sedikit.
Makanan yang bisa kita santap disini adalah nasi kuning, mi bihun, mi sagu dll. Sedangkan jajanan yang mengenyangkan dan murah meriah seperti pentol, sosis dll.


3. Makan di acara Hajatan Pernikahan

ilustrasi makan di hajatan pernikahan


       Pasti setelah membaca judulnya kalian pada tertawa dan senyum senyum sendiri bukan. Udah ngaku aja dech , jangan malu - malu saya aja gak malu malu ... hahihuheho
Yosh ... cara ini memang sangat sangat dan sangat bermanfaat bagi anak backpacker seperti saya. Ketika dalam perjalanan xpdc dan menemukan momen berharga ini, saya tak akan menyia - nyiakannya. Bak menemukan harta karun itulah yang melintas di otak ketika melihat ada acara Hajatan Pernikahan. Makanan yang melimpah ruah siap mengisi ruang kosong di perut yang dibalut dengan dekorasi indah yang memanjakan mata serta alunan musik dangdut menambah selera makan makin harmonis dan serasa di kerajaan entah berantah dimana saya adalah tamu kehormatannya.
Selesai makan tak lupa diriku memanjatkan doa agar rumah tangga kedua mempelai di berkahi Tuhan sebagai ucapan syukur saya karna telah di jamu dengan makanan yang enak dan tentunya gratisss hahahaha


           Nah itu lah sedikit Tips Cara Makan Murah Ala Backpacker versi saya dan cara yang saya sampaikan diatas hanya berlaku di Negara Indonesia tercinta. Semoga bisa menginspirasi sobat petualang

Salam Backpacker

2 komentar:

  1. Makan di warteg paling mantap hahaha. Harga murah, perut pun juga kenyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tu sob , apa lagi yg ngelayanin awewek bening huuaaahahahaha... keseringan sih bibi - bibi

      Delete