27 March 2016

Tempat yang menarik di kunjungi di Kota Pontianak Kalimantan Barat

       Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota Pontianak sering juga di sebut kota Dagang. Namun Kota Pontianak juga mempunyai beberapa tempat yang menarik untuk di kunjungi.
Berikut saya akan mengulas Tempat yang menarik untuk di kunjungi di Kota Pontianak. Barangkali saja ada sobat pembaca dari luar daerah yang belum tahu tempat menarik di Pontianak , akan saya referensikan sebagai pertimbangan tujuan destinasi sobat ketika menginjakkan kaki di bumi Khatulistiwa.


1. Taman Alun - alun Kapuas / Korem



Taman ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Letaknya yang strategis di jantung kota pontianak dan tepat berada di depan kantor Wali Kota Pontianak tentunya sangat menarik di kunjungi. Selain dapat menikmati udara yang segar di tengah kota dan rimbunnya pepohonan serta aneka tanaman hias, sobat juga di manjakan dengan pemandangan sungai terpanjang di Indonesia yang membelah kota Pontianak. Sobat juga bisa menikmati keindahan Sungai Kapuas dengan cara menyewa perahu yang sudah tersedia ditepian sungai.Sekali berlayar dikenakan tarif 10 ribu rupiah.
Tidak di pungut biaya jika sobat berkunjung di Alun - alun Kapuas selain membayar biaya parkir kendaraan sobat.

2. Rumah Adat Radakng & Rumah adat Melayu



Rumah Radakng adalah salah satu rumah adat replika suku Dayak yang ada di Kota Pontianak.Terletak di Jl. Sutan Sahril / Kota baru. Sejak di resmikan Gubernur Kalimantan Barat Drs. Kornelis MH pada tanggal 2 Juli 2013, Rumah Radakng kini menjadi icon baru masyarakat Pontianak.
Kata Radakng yang artinya ramai (bahasa dayak khanayatn) adalah istilah lain untuk menamai Rumah adat itu sendiri. Bukan tanpa alasan kenapa dinamai Rumah Radakng karna tempat ini dapat menampung sekitar 600 orang sekaligus, kebayang dong ramainya seperti apa.
Bangunan Rumah Radakng membentang Panjang 138 meter dengan tinggi 7 meter mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Rumah Adat terpanjang di Indonesia . Konon katanya Rumah Radakng juga adalah Rumah Adat terpanjang dan terbesar di Dunia. Jika sobat berkunjung pada bulan Mei berarti sobat berada dijalur yang tepat karna biasanya pada bulan Mei diadakan festival Budaya "Gawai" sebagai bentuk syukur suku dayak atas keberhasilan panen padi. Dalam festival ini diadakan berbagai lomba seperti lomba memanah sumpit , pangka' gasing , memahat , tari daerah serta pemilihan bujakng dara dan banyak lagi kegiatan yang tentunya menarik.
Nah ... apalagi yang sobat pikir kan ? segera masukkan ke daftar tujuan wisata sobat !!!


Selain dapat menikmati keindahan Rumah Radakng, tepat disebelahnya Rumah Radakng ( tetangganya ) ada Rumah adat Melayu. 
Rumah adat Melayu diresmikan secara langsung oleh wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 9 November 2005Bangunan yang sarat akan nilai sejarah dan nilai seni tentunya menjadi daya tarik yang unik bagi siapa saja yang berkunjung di Rumah adat Melayu. Rumah adat Melayu di Kota Pontianak ini juga merupakan pusat dari kebudayaan Melayu yang ada di Kalimantan Barat.
Dari kedua rumah adat yang saya sampaikan ini tidak di pungut biaya bagi para pengunjung.



3. Museum Kalimantan Barat




Museum Kalimantan Barat terletak di Jl. A. Yani Pontianak. Museum ini di resmikan secara umum pada tanggal 4 Oktober 1983 namun sebenarnya sudah dirintis pada 1974 oleh Kanwil Depdikbud Kalimantan Barat. Museum ini buuanyaaakk menyimpan Koleksi barang berharga yang tentunya bernilai sejarah dan seni tingkat tinggi. Sobat langsung kesini saja ya untuk mengetahui Koleksi Museum Kalimantan Barat secara langsung. Dijamin nggak bakalan nyesel deh ... !!!

4. Tugu Khatulistiwa



Tugu Khatulistiwa adalah bangunan / Tugu kebanggaan masyarakat Pontianak.Lokasinya terletak Jl. Khatulistiwa Kec. Pontianak Utara dan jarak dari pusat kota sekitar 3 km. Monumen didalam tugu berisikan informasi garis equator yang melintasi bumi dan sejarah tentang Tugu itu sendiri. Momen terbaik mengunjungi Tugu Khatulistiwa adalah pada tanggal 21 - 23 Maret dan 21 - 23 September.
Karena pada saat itu tepatnya pukul 12.00 wib terjadi fenomena alam dimana posisi matahari tepat berada di garis khatulistiwa ( Titik Kulminasi ) sehingga semua benda yang berada di area Tugu tidak memiliki bayangan. Peristiwa ini juga dapat di nikmati dengan mendirikan telur secara tegak lurus dimana telur tersebut tidak jatuh alias seimbang, menarik bukan. 
Selain menikmati keindahan Tugu sobat juga dapat menikmati indahnya aliran sungai tua yang bernilai sejarah. Di tepian sungai Kapuas saat sore hari Pupil matamu akan membesar karna takjub ketika melihat Matahari mendekati garis Horizon. Sobat juga dapat membeli oleh - oleh khas KalBar di stand area Tugu tentunya dengan harga terjangkau.
Penasaran , ayo berkunjung kesini

5. Aloe Vera Center




Aloe Vera Center beralamat di Jl. Budi Utomo Kec. Pontianak Utara dan merupakan tempat budidaya tanaman Lidah buaya. Dari pusat kota jaraknya sekitar 8 km dan dapat dengan mudah di akses dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Ditempat ini sejauh mata memandang sobat disajikan pemandangan indah tanaman lidah buaya. Mulai dari ukuran terkecil hingga ukuran raksasa.Ada juga koleksi tanaman Aggrek khas kalimantan yang sudah tersohor di dunia di budidayakan di tempat ini.  Sobat juga dapat melihat proses pengolahan lidah buaya yang diolah menjadi aneka makanan.selain makanan lidah buaya juga diolah menjadi produk kesehatan seperti krim kulit , sampo dll.
Sobat juga bisa membeli aneka produk olahan tanaman lidah buaya untuk dibawa pulang sebagai oleh - oleh.
Tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan bukan jika sobat berkunjung ke Aloe vera Center.

6. Taman Agrowisata / Taman Raiser




Taman Agrowisata atau lebih di kenal dengan Taman Raiser adalah tempat yang di bangun oleh Dinas Pertanian , Perikanan dan kehutanan dalam satu paket sebagai sarana edukasi bagi anak - anak dan kawasan wisata. Lokasinya sendiri berada di Jl. Parit Pangeran - Kelurahan Siantan Hulu Pontianak Utara dan sekitar 7 km dari pusat Kota. Disini sobat dapat merasakan udara segar dan indahnya aneka tanaman. Mulai dari Tanaman Lidah buaya , berbagai jenis anggrek dan tanaman hias lainnya. Selain itu sobat juga dapat melihat koleksi beraneka ragam jenis ikan di tempat ini. Sangat cocok membawa keluarga (anak - anak) sobat ke Taman Agrowisata ini. Ditaman ini juga di fasilitasi arena bermain anak - anak dan ada hiasan grafitti di temboknya. Selain memberi warna lain di liburanmu , tentunya memberi ilmu edukasi pada si buah hati dan kabar gembiranya sobat dapat mengunjungi tempat ini dengan gratis alias tidak di pungut biaya sepeser pun.



Nah itu lah Rangkuman Referensi tempat yang menarik di kunjungi di kota Pontianak dan semoga bermanfaat.Tunggu apa lagi sob , ambil Ransel mu dan mari berkunjung ke kota Pontianak.

Salam Backpacker


10 komentar:

  1. Replies
    1. hehehe ... kita gk akan pernah tau Tuhan menempatkan kita dimana

      Delete
  2. sayang lebaran udah rencana pulang kampung aja :D

    ReplyDelete
  3. Keren... mas info transportnya donk... insyaallah november mau mampir ke pontianak.. bissmillah semoga perjalanan lancar aamiin hehe

    ReplyDelete
  4. Keren... mas info transportnya donk... insyaallah november mau mampir ke pontianak.. bissmillah semoga perjalanan lancar aamiin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transpornya bisa mbak lihat di visitpontianakDOTcom.
      Di tunggu kedatangannya dan Lancarrr jaya dlm perjalanan ... Amin

      Delete
    2. Transpornya bisa mbak lihat di visitpontianakDOTcom.
      Di tunggu kedatangannya dan Lancarrr jaya dlm perjalanan ... Amin

      Delete