17 March 2016

Teknik Survival : Cara Memancing Tanpa Mata Kail

Memancing adalah hal yang menarik bagi sebagian orang. Tapi akan terasa aneh kalau memancing tanpa mata kail ! apakah bisa ... ? itu lah pertanyaan pertama bagi kebanyakan orang yang melihat/mendengar hal ini. Namun bagi penghobi mancing atau seorang survivor , teknik ini bukan hal yang aneh lagi, mengingat seorang survivor di tuntut bisa berimprovisasi dengan alam bebas. Tapi tidak ada salahnya kan saya ulas kembali, mungkin ada sobat kita yang ingin tahu teknik ini sebagai bekal pengetahuan di kemudian hari. Berikut ulasannya ;
ACTION : Agar ulasan ini menarik anggap saja kita sedang berada di hutan (mungkin sedang tersesat ). Cari spot untuk memancing seperti parit , rawa dan lain - lain. Kenapa harus memancing ketimbang berburu binatang liar ?... Karna potensi memancing lebih besar mendapatkan hasil daripada berburu binatang liar. 

Siapkan terlebih dahulu bahannya seperti dahan kayu sebagai joran dan tali. Kebetulan saya menemukan tali tambang di area hutan (entah bekas apa,saya harap bukan bekas gantung diri). Kalau tidak ada tali sobat bisa gunakan tali sepatu , serat tumbuhan menjalar , atau pelepah pisang.
Ikat kan tali pada dahan / joran yang sudah disiapkan. Sekarang kita cari ranting berbentuk huruf 'V' atau tumbuhan berduri (ambil ranting yang berduri) atau dahan pohon sagu sebagai ganti mata kail.
Ikat mata kail modifikasi pada ujung tali, sekarang sebuah pancing selesai.Buat beberapa pancingan (mungkin 5 atau 6 pancingan) agar potensi mendapatkan hasil lebih besar.
Selanjutnya cari umpan seperti cacing , ulat bahkan jaring laba - laba pun bisa kita gunakan sebagai umpan.Tajur pancingan di parit / sungai / rawa, pakai instingmu untuk menentukan lokasi strategis.
Selanjutnya berdoalah agar pancingan mendapatkan hasil / ikan, hehehe.
Kebetulan hari ini saya lagi mujur , 2 ekor ikan berhasil saya dapatkan, lumayan buat makan malam.
Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi sobat
Salam Rimba - Salam Survival

0 komentar

Post a Comment