13 March 2016

Teknik Survival : Beberapa cara menyalakan api tanpa korek api

Mampu menyalakan api adalah hal penting yang harus dikuasai ketika sobat berada di alam liar. Berada di alam bebas api sangat penting untuk menunjak aktivitas entah untuk masak memasak atau sebagai bentuk pertahanan.diri karna binatang buas takut dengan yang namanya api.
bukan hal sulit ketika ada korek api / pemantik di tangan sobat. Tapi lain hal ketika sobat lupa membawa korek api atau korek api sobat rusak atau hilang ... oopsss.
berikut ini saya akan mengulas teknik survival cara menyalakan api tanpa korek api. Ada beberapa metode cara menyalakan api tanpa korek api yang akan saya ulas. Metode Gesekan dan Metode menggunakan Lensa dan Metode menggunakan Batrai 9volt

Metode Gesekan
Metode gesekan saya pisah menjadi 3 jurus agar sobat pembaca tidak kebingungan.

1) Jurus Tangan Ngebor alias Hand Drill     

Jurus ini adalah cara terkuno di muka bumi, yoss ... karna nenek moyang kita menyalakan api ya dengan cara ini dulunya. Langsung saja kita coba,tapi sebelum action siapkan terlebih dahulu bahan - bahannya. Seperti kayu / batang kering untuk alasnya , ranting kayu sebagai porosnya dan daun atau semak kering.
Action : Lubangi kayu alas sebesar lebar ranting poros. Mulai putar ranting poros pada kayu alas. Setelah cukup hangat taburkan sedikit debu agar gesekan semakin maksimal.Percepat putaran hingga menghasilkan serbuk api. Pindahkan serbuk api secara perlahan ke daun atau semak kering(santai aja bro). Tiup hingga Api menyala dan membesar.
Gampang kan ... tapi susah kalau di praktekkan cuapek banget, jurus ini jarang saya aplikasikan hehehehe ... habis capek sih.


2) Jurus Biola Api alias Bow Drill
     Jurus ini hampir sama seperti jurus Tangan Ngebor tapi sedikit di modifikasi. Siapkan dulu bahannya seperti Kayu / batang kering sebagai alas dasar, kayu kering atau tutup botol untuk pemegang/penekan ranting poros , Ranting poros , daun atau semak kering , tali ( tali sepatu ) , Dahan yang masih segar sebagai busur.
Action : Ambil dahan yang masih segar trus di ikat dengan tali sepatu membentuk busur. Lubangi kayu alas sebesar lebar ranting poros.Mulai putar ranting poros pada kayu alas menggunakan busur layaknya orang memainkan biola.jangan lupa taburkan debu,putar lebih cepat sampai menghasilkan serbuk api trus pindahkan ke daun atau semak kering.Tiup sampai api menyala. Cara ini cukup sering saya gunakan, wajib sobat coba.

3) Jurus Fire Starter
    Cara menyalakan api dengan fire starter adalah cara modern. Jurus yang satu ini sering saya gunakan, habis seru dan keren sih. hehehe
Jangan lupa siapkan daun atau semak kering serta pisau lipat atau media yang mengandung logam / besi / baja.(Pakai pisau lipat aja bro di jamin keren)
Action : Gesekkan Fire starter pada bilah pisau yang tumpul hingga menghasilkan percikan api.Arahkan percikan api pada daun atau semak kering hingga serbuk api menjangkit pada daun atau semak kering.Tiup hingga api menyala dan perapian mu pun siap di gunakan.


Metode dengan menggunakan Lensa
   Cara ini cukup asyik untuk di coba tapi juga ada kelemahannya yaitu tidak bisa di aplikasikan dalam keadaan gelap alias malam. Cara ini saya bagi menjadi 2 jurus yaitu ;

1) Menggunakan Lensa cembung atau luv
      Menyalakan api dengan lensa tentunya sobat memerlukan sebuah lensa cembung / luv dan bahan yang mudah terbakar seperti daun,semak kering atau tissu. Cari titik fokus terkecil dari lensa cembung saat dibawah terik matahari. Arahkan titik fokus pada daun , semak kering atau tissu. Lakukan hingga objek terbakar. bagaimana asyik kan bro !!!

2) Menggunakan balon atau kondom



     Jurus ini cukup unik, saya pernah mencobanya ketika xpdc, saya menemukan kondom yang belum terpakai di pondok tempat wisata. Sobat juga boleh ni mencobanya sebagai bekal survival di kemudian hari.
Action : Isi balon atau kondom dengan air ( usahakan airnya yang jernih ya bro ). cara kerjanya sama seperti cara menggunakan lensa cembung. Cari titik fokus terkecil saat dibawah terik matahari. Arahkan titik fokus pada daun , semak kering atau tissu sampai menghasilkan serbuk api, tiup perlahan sampai api menyala. Nah kalau tangan sobat sengal, Sanggah saja balon atau kondom dengan ranting kayu sedemikian rupa agar titik fokus tidak berubah posisi.


Metode menggunakan Batrai 9 volt



  
  Cara ini juga tak kalah kerennya hanya bermodalkan batrai 9volt bisa menyalakan api. Siapkan bahan yang mudah terbakar seperti steel wool. Hubungkan Steel wool pada kutub positif dan negatif  batrai. dengan sendirinya steel wool akan terbakar. Sobat juga bisa mengganti peran steel wool dengan kertas bungkus rokok atau kertas bungkus permen karet. karna kertas bungkus rokok atau permen karet mengandung alumunium coil pada sisi lainnya. Memang sedikit terasa panas tapi jangan lepaskan ya bro sebelum api menyala.

Nah itu lah beberapa cara menyalakan api tanpa korek versi survival. Semoga bermanfaat ya bro.
Salam Rimba _ Salam survival

1 komentar: