28 March 2016

7 petualang di dunia yang menginspirasi

      Semua orang yang hidup di kolong langit ini tentunya mempunyai mimpinya sendiri. Tentang cara menikmati hidup. Salah satunya dengan mengembara dan menemukan pengalaman yang membuat mereka lebih memahami dan menghormati hidupnya sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain.
Berikut saya akan mengulas tentang 7 Petualang di dunia yang menginspirasi. Mari kita mulai mengenal petualang ini  dengan cara menghitung mundur :


7 . JASON LEWIS



Jason Lewis lahir pada 13 September 1967 adalah petualang asal Inggris. Kisah petualang nya mengelilingi dunia sangat menginspirasi banyak orang. Pada tahun 1994 Jason bersama temannya Steve Smith mengelilingi dunia tanpa bantuan mesin canggih alias hanya dengan tenaga manusia.Dimulai dari Greenwich London. Namun ketika berada di Hawaii pada tahun 1998 tepatnya lima tahun kemudian Steve Smith meninggalkan petualangannya karna alasan kepentingan lain yang lebih mendesak. Oleh sebab itu tinggallah Jason Lewis seorang diri. Demi ambisinya mengelilingi dunia, si Jason lewis terus berusaha mengejar mimpinya. Ia berhasil melintasi 5 Benua , 2 Samudera dan laut. Pada tahun 2007 Jason berhasil menuntaskan ekpedisinya. Bukan perkara gampang menaklukkan dunia , banyak sudah rintangan yang telah di lalui Jason mulai dari bersepeda sejauh 3.000 km dari Perancis -> Spanyol -> pelabuhan lagos Portugal dilanjutkan dengan mengayuh perahu melintasi samudera Pasifik ribuan km. Berjalan kaki ribuan km di Amerika Utara. Sialnya ketika Si Jason berada di Colorado ia di tabrak supir bus yang mabuk dan kakinya patah dan menghabiskan waktu 9 bulan agar kakinya pulih kembali. Ia juga pernah tenggelam di Samudra Atlantik utara, dikejar buaya di Australia, ditangkap atas tuduhan mata - mata di Mesir dll. Si Jason juga pernah selamat dari sakit Malaria dan serangan skizofrenia.
Berkunjung di sebagian besar negara Asia. Sebelum mengakhiri ekspedisinya kembali si Jason mengayuh sepeda sejauh 4.000km dari Turki -> Bulgaria -> Rumania -> Austria -> Jerman -> Belgia hingga Finnis ke London tempat pertama kali memulai petualangannya.
Jason Lewis juga berdedikasi pada dunia pendidikan buktinya lebih dari 500 sekolah ia kunjungi dan memberi arahan / diskusi salah satunya tentang betapa pentingnya menjaga alam agar tetap lestari.
Sangat menginspirasi bukan ...


6. Richard Marvin Hansen




Seorang pemuda asal kanada ini sangat menginspirasi, pasalnya dia berhasil mengagetkan dunia dengan kisah petualangannya yang berhasil mengelilingi dunia dan uniknya hanya dengan kursi roda yang setia menemani langkahnya. Bukan karna mencari sensasi tetapi karna pria ini cacat (lumpuh) sejak kecil karna kecelakaan dan mengalami cedera tulang belakang.

Namun dengan keterbatasannya dia tidak menyerah dan ingin membuktikan motto nya " tidak ada yang tidak mungkin asalkan mau berusaha ".Hensen adalah orang pertama yang 'cacat' yang lulus sarjana dengan gelar Pendidikan Jasmani, (waaaoww).  Kecintaannya dengan alam pun berhasil membulatkan tekadnya untuk meraih mimpi mengelilingi dunia sekaligus melancarkan misi meneliti penyakit yang di deritanya dan juga di derita banyak orang senasib seperti dia. Petualangannya pun di mulai pada tanggal 21 Maret 1985. Total negara yang dia kunjungi 34 Negara ( setara dengan keliling dunia ). Salah satu kisah perjalanannya adalah Dari San Diego ke Sanghai dia melewati cuaca ekstrim yang tak dapat dibayangkan. Hensen juga tak ragu menolong orang yang putus asa agar tetap semangat. Atas aksi heroiknya ini Hensen pun mendapat gelar Pahlawan Internasional.


5. Alastair Humphreys




Alastair Humphyers adalah seorang petualang sejati sekaligus seorang Blogger , Motivator dan fotografi. Pria kelahiran Inggris ini menghebohkan Inggris bahkan dunia dengan aksinya mengelilingi dunia hanya bermodalkan Sepeda ( dan nekad tentunya ). Ia memulai petualangannya pada bulan Agustus 2001 dan menyelesaikan ekspedisinya 4 tahun 3 bulan kemudian yaitu bulan November 2005. Perjalanannya di mulai dari rumahnya menuju selatan melewati Eropa dan Afrika kemudian menyebrang ke Amerika selatan melalui laut kemudian dari cape town menuju pantai barat Amerika, kemudian menyebrang lagi dari Alaska ke Rusia , Jepang , China , sebagian besar negara Asia Tenggara dan kembali ke Eropa. Jarak tempuh petualangannya selama 4 tahun setara dengan 75.000 km. Dalam petualangannya, Alastair juga menggalang dana untuk amal dengan harapan membantu anak - anak yang kurang mampu. Kisah perjalanannya dituang dalam bentuk tulisan / buku dan menjadi buku terlaris pada eranya.




4. Nick Gough & Richard Sears


Nick Gouch dan Rich Sears adalah petualang sejati sekaligus guru berkebangsaan Inggris. Selain berkeliling dunia mereka juga mempunyai misi mulia yaitu meningkatkan kondisi pendidikan di negara tertinggal yang dikunjunginya. Cara mereka mengelilingi dunia sangat unik, bukan menggunakan pesawat jet atau mobil canggih melainkan hanya menunggangi ' Tommy Tempo '  nama lain dari Bajaj mereka. Itu lah yang membuat nilai lebih dari ekpedisi mereka. Kisah perjalanan mereka dimulai dari London pada Agustus 2012 melintasi Negara Benua Eropa seperti Perancis , Turki , Mesir. Berlanjut menuju India dan sampai di Tanjung harapan , Benua Afrika dan mengunjungi negara seperti Uganda , Rwanda , Burundi , Tanzania , Malawi , Botswana , Namibia dll. Menyebrang menuju Asia kemudian menuju Amerika dan akan mengakhiri Ekspedisi mereka di Rio Janeiro Brasil
Perjalanan Nich dan Rich pun banyak diwarnai dengan hambatan seperti ban bocor di dekat Perancis , Bajaj mereka hampir remuk akibat serangan gajah di Uganda , dan kerusakan spare part serta masih banyak lagi hambatan seperti cuaca extreme. Tapi mereka bisa memperbaikinya  dan melewati rintangan karna tekat mereka yang kuat. Salut deh buat 2 guru ini  dan Bajaj nya , hehehehe

3. Keiichi Iwasaki



Keiichi Iwasaki adalah petualang asal Jepang. Seolah - olah tidak mau kalah dengan Mr. Alastair (meskipun tak saling kenal), Keiichi mengelilingi dunia hanya dengan sepeda buntut kesayangannya dan hanya membawa uang 160 yen setara dengan 16 Ribuan (pada saat itu, red) disaku celananya. Ia memulai debutnya pada 15 April 2001 hingga menuntaskan petualangannya pada 9 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2010 dan ia berhasil menempuh jarak sekitar 45.000 km, waow. Awalnya Keiichi hanya ingin  melakukan perjalanan ke beberapa kota Jepang saja karna jenuh dengan pekerjaannya sebagai teknisi AC. Namun Ia menikmati perjalanannya dan berniat mencari nilai lebih dari engkolan sepedanya. Tapi terkadang ia juga berjalan kaki dan menggunakan kapal feri untuk menyebrang. Keiichi juga melakukan atraksi sulap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Keiichi sudah mengunjungi 47 Negara meliputi : Korea selatan , China , Vietnam , Kamboja , Thailand , Malaysia , Singapur , Laos , Nepal , India , Banglades , Pakistan , Iran , Azerbaijan , Georgia , Turki , Yunani , Bulgaria , Macedonia , Albania , Montenegro , Kroasia , Bosnia & Herzegovina , Serbia , Hungaria , Slovakia , Czech , Austria , German , Belanda , Belgia , Prancis , Italia , Inggris , Spanyol , Portugal , Andora , Switszerland dan lain - lain ( capek saya nulisnya, hehehe ). .
Banyak sudah aral yang telah di lalui Keiichi di sepanjang perjalanannya seperti ban bocor , hampir mati di gigit anjing rabies di Tibet , di penjara di India , di rampok oleh perompak , sampai dengan aksi melarikan diri karna di paksa menikah di Nepal. Kisah tersuksesnya ketika Keiichi berhasil mencapai Puncak Gunung Everest tanpa menggunakan alat bantu dan menjadi orang pertama Jepang yang berhasil mencapai puncak tertinggi di dunia ini. Mantap Dikau memang seorang Backpacker sejati.

2. Mike Spancer Bown



Mike Spanser Bown adalah petualang sejati asal Calgari, Kanada. Ia sudah mengunjungi lebih dari 190 Negara selama kurun waktu 23 Tahun. waaow... dan dalam 23 tahun itu pun Mike tak pernah pulang kerumahnya di Kanada. Kini mimpinya pun sudah tercapai dan ia di nobatkan Guiness di Irlandia sebagai orang yang paling banyak mengunjungi Negara dalam sejarah manusia di bumi.
Kisah perjalanan Mike selama 23 tahun mencuri perhatian dunia bahkan media ternama seperti BBC World, Guardian, dan Time.
Banyak kisahnya yang menarik di simak kala berpualang seperti Mike pernah ke kampung halamannya Sadam husein di Irak , naik transportasi milik pasukan Taliban ke Afganistan dan Irak. Ia menuturkan bahwa rakyat Irak adalah orang yang murah hati dan memiliki budaya kuno yang menarik. Mike juga pernah ke Somalia yang terkenal dengan negara konflik dan kacau. Ia berdalih saya hanya sekedar traveling dan menikmati hidup.
ketika berada di Afrika Mike pernah tinggal bersama suku Mbuti di Negara Kongo , berburu kijang hanya dengan tombak , bertemu gorila gila di Rwanda , serta berjumpa dengan dukun - dukun sakti di Mali , Ia juga pernah di kejar sekelompok gajag di Gabon.
Ketika Mike berada di Antartika, dia mengunjugi makam paus biru di Selatan pulau Georgia. Lain lagi cerita ketika berada di Bangladesh seperti melintasi sungai yang menjadi sarang binatang buas seperti harimau di hutan mangrove sunderbans hanya dengan mendayung perahu kecil. Mike juga pernah tidur di hotel garam yang berada di Andes dan banyak lagi kisahnya yang menarik dan menginspirasi namun jika di jabarkan sungguh tak sanggup diriku menuliskan  , hehehehe.
Yang uniknya Mike selalu berulang tahun di benua yang berbeda - beda setiap tahunnya termasuk di Antartika.
Kini setelah 23 tahun mengembara Bumi Mike pun ingin kembali ke kampung halamannya di Calgary

1. Bear Grylls 




Pria petualang tangguh berkebangsaan Inggris ini sangat menginspirasi. Pasalnya Dia adalah petualang Alam liar yang sangat sidikit orang di dunia mempunyai hobi gila ini. Jujur sebenarnya saya bingung harus memulai dari mana mengisahkan pria idola saya ini. Kisah perjalannya sangat banyak, kebanyakan orang - orang mengelilingi dunia tak jauh dari peradaban tapi untuk seorang Bear lain cerita. Dia mengelilingi dunia dengan menempuh jalur alam liar yang ganas. Mulai dari melintasi kutub utara sampai menaklukkan dinginnya kutub selatan tanpa peralatan canggih. Menaiki/menuruni gunung dan tebing tanpa peralatan, mengapung di laut berhari - hari , tersesat di hutan adalah hobinya. Bear termasuk manusia termuda yang telah mencapai puncak everest. Caranya dalam bertahan hidup di alam liar sungguh menginspirasi karna teknik yang dia gunakan sangat sederhana, seperti membuat api dengan gesekan kayu, membuat tenda dengan memanfaatkan fasilitas alam, melihat arah (tanpa kompas). menyebrang jurang dengan seutas tali, membuat rakit dan mengapung di laut berhari - hari sampai - sampai dia mabuk laut dan dehidrasi dan memaksa selang kecil berisi air masuk kedalam anusnya sebagai pertolongan pertama dan masih banyak lagi aksinya yang keren. Dia juga pernah di serang Hiu harimau sepanjang 2 meter namun dengan entengnya dia bermain - main dengan si hiu, di serang babi hutan , beruang , buaya , ular dan banyak lagi namun hanya satu hewan yang berhasil melumpuhkannya, seekor lebah, ya hanya seekor lebah yang menyengat dahinya ketika Bear hendak mengambil madunya sehingga seluruh wajahnya membengkak seperti wajah alien. Makanannya pun cenderung tak lazim seperti cacing , ulat , ular ,kalajengking,  zebra , rusa kutub dll (sebagian dimakan mentah , saya maklum karna dia hanyalah pria lapar yang bertahan hidup) , ia juga pernah membuat baju dari bangkai anjing laut untuk menghindari dinginnya air es saat berenang menyebrangi pulau , tidur di dalam perut bangkai unta sebagai bentuk pertahanan terhadap badai pasir.
Mantan kopassus nya Inggris ini (SAS) juga seorang relawan, melalui petualangannya ia berhasil menggalang dana untuk anak - anak yang kurang mampu. Ia juga menjabat Presiden Pramuka di tanah Ratu Elisabet serta mendirikan sekolah Adventure bagi orang yang tertarik akan hobi berpetualang di alam bebas.
Sungguh saya tak sanggup menceritakan aksinya yang keren dan menginspirasi, Sobat dapat melihat aksinya berpetualang dalam acara Man vs Wild di tv Discovery Channel. Wajib sobat tonton karna sangat menginspirasi.

    Nah itu lah ulasan 7 Petualang di dunia yang menginspirasi yang sudah saya sampaikan dan kiranya bermanfaat bagi sobat. Kisah diatas sebenarnya mengajak kita untuk bisa menghargai hidup dan bagaimana cara menikmati hidup. Dunia ini tidaklah kecil sobat, buka matamu, ambil ransel mu dan mulailah melangkah tanpa ragu.

GO Backpacker
                           GO Survival

0 komentar

Post a Comment