28 July 2014

Traveling ke Pantai Indonesia " Operasi P3 "

Di suatu hari yang indah itu, kami sekelompok anak Pecinta Alam Kalbar berniat untuk ber-expedisi di suatu tempat rekreasi yang kami beri kode Operasi P3 yang artinya Jalan - jalan ke Pantai Pasir Panjang. Lokasi P3 yang terletak di kota Singkawang dapat di tempuh sekitar 3 jam dari ibu kota Kalimantan Barat Pontianak.Kami berangkat menggunakan motor.Kota Singkawang sendiri dikenal sebagai Kota Amoy atau China Town-nya Indonesia, karena mayoritas penduduknya (sekitar 70%) merupakan etnis Tionghoa








Ketika dalam perjalanan kami singgah sejenak di minimarket membeli keperluan yang di butuhkan.
Sebagai Backpacker tentunya tak banyak yang kami beli kecuali yang kami anggap penting seperti : mie instan dan air mineral dan yang terpenting minuman Liang Teh Cap Panda, karna kami tidak mau perjalanan kami terhambat oleh cuaca atau hal lain tak terduga yang menjadikan tubuh kami down dan merusak Operasi P3 kami. 
Liang Teh Cap Panda : Instan,enteng,murah meriah serta bermanfaat besar, cocok untuk kami yang Backpacker ini.
Sesampainya di Pantai Pasir Panjang kami pun membayar tiket masuk yang relatif murah cuma 15ribu doank, pas dengan kantong kami.
Suasana hati kami langsung berubah menjadi terpukau kala melihat keindahan Pantai Pasir Panjang.Pemberian nama pada Pantai Pasir Panjang bukan tanpa alasan mengingat hamparan pasir yang membentang seluas 3km di laut lepas memang pantas di sandang dengan nama Pantai Pasir Panjang.
Pantai Pasir Panjang mungkin tak setenar Pantai - pantai yang ada di luar negeri seperti Pantai Phuket di Thailand, Pantai Cancun di Meksiko, Hawaii dengan Pantai Lanikai-nya, atau Pantai Kuta di Bali.Tapi Pantai Pasir Panjang tak kalah indahnya dengan pantai - pantai yang ada di luar negeri.
Dari bibir pantai, kami dapat menikmati panorama laut biru berlatar langit yang juga biru, samar - samar dari kejauhan membias hijau Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang di pagari perairan laut Natuna. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman di gunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olah raga, seperti voly pantai atau sepakbola pantai.
Air lautnya yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas kami/pengunjung yang ingin berenang atau menyelam. Selain itu, ombaknya relatif besar dan menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar ria dan area memancing. 
Kami mulai menulusuri Pantai dari awal hingga berakhirnya Pantai, ternyata cukup lumayan jauh dan menguras energi,tapi itu semua tidak sebanding dengan keindahan ciptaan Tuhan yang di suguhkan kepada kami.Rasa lelah berganti Semangat untuk menikmati keindahan dan fasilitas Pantai Pasir Panjang mulai dari : Persewaan Speed Boat, sepeda air, Darmoling, Banana Boat, Gokart, Shelter - shelter, Pondok wisata, dan Toko Souvenir.





Ketika hari menjelang senja suasana di kawasan ini kian eksklusif menjelang detik - detik terbenamnya Matahari ( Sunset ) di balik pulau - pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini.Kami/Pengunjung dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok - pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut.


Pengunjung pun dapat melihat - lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak jauh dari lokasi pantai, atau bersantai - santai di shelter - shelter yang terdapat di semenanjung cinta

Terang pun berganti gelap, siang berganti malam, ini saatnya kami menikmati sisi lain  P3.
Sebelum semakin gelap kami pun sigap dengan mencari tempat untuk kami memasak perbekalan yang kami sediakan, ranting kayu bercampur pelepah kelapa yang kering kami rangkai menjadi api unggun, selain bermanfaat menghangatkan tubuh, manfaat lainnya kami bisa memasak mie instan yang telah kami siapkan, menghangatkan Liang Teh Cap Panda karna sensasinya ketika selagi hangat sangat yahuuuut...

Petualangan kami masih belum berakhir, kini tiba saatnya kami memancing, ya mancing malam, menurut informasi yang kami peroleh pada saat itu ikan-ikan monster banyaknya pada malam hari.Tak salah kami berbekal Peralatan pancing rupanya. tak menunggu waktu lama kami pun bergegas memancing dan berharap mendapatkan hasil agar bisa pesta bakar ikan.
Selang 15 menit, temanku strike dan berhasil mendapatkan ikan kerapu, woooawww.
10 menit setelahnya joranku pun mengencang pertanda pertarunganku di mulai (Strike) dengan penuh semangat tak ku beri peluang sedikit pun untuk monster itu, masih dalam pertarunganku , temanku pun tak ingin melewatkan pesta dan Strike.
Mungkin saking semangatnya tali joranku pun putus pertarungan antara aku dan monster laut dimenangkan oleh pihak Ikan. Akaiiiiii ... gumamku. Kau pikir ini sudah berakhir ya, kita lihat nanti siapa yang pecundang. ku lontar kail ku di kejauhan gelap laut. Lama ku tunggu hampir 20 menit pancingku pun di sambar (Strike) pertarungan kembali dimulai, kali ini aku tak akan gegabah, aku gunakan trik tarik-tarik ulur. mungkin sekitar 7-10 menit bertarung akhirnya kemenangan berpihak padaku.seekor ikan lumayan besar dan ku tak tau jenisnya ikan apa akhirnya mengakui ketangguhanku. sekarang siapa yang pecundang haaaahhhh 'lirihku' ... 

Malam semakin larut, tubuh pun terasa sedikit lelah , hasil memancing kami rasa cukup untuk berpesta.Kami akhiri operasi memancing dan bersiap berpesta , ayooo ... siapa mau berpesta bersama kami malam ini, kami punya ikan segar tapi tak punya minuman segar (kebetulan persediaan minuman kami sekarat,jadi kami gunakan strategi merayu). siapa tak ingin berpesta,itu konyol , ada beberapa pengunjung tergoda atas ajakan kami, mereka pun tak sungkan membeli minuman segar untuk melengkapi pesta (taktik kami berhasil dan itu lah Backpacker sejati hahahahaha...)
Ada trik yang boleh pembaca coba, waktu kami membakar ikan, kawan ku iseng membubuhi ikan yang hampir matang dengan Liang Teh Cap Panda. ketika ikan sudah matang, waow aroma ikan harum menggiurkan, rasanya gurih manis di dalam mulut, sensasi fantastis menari - nari diatas lidah. Alunan musik Regee menyempurnakan pesta kami malam itu.
Pesta bakar ikan berakhir,  tidak untuk Operasi P3 Kami, karna di waktu terang kami menahan diri untuk nyebur, nah ... kini tiba saatnya orang dewasa menikmati mandinya, kami berlarian menuju bibir pantai, ombak malam yang relatif waow itu yang kami cari. sungguh ini survival dan itu lah kami. kami menikmati Operasi P3 kami. Cuaca malam cerah bertabur bintang tatkala Bulan pun ikut dalam kegembiraan kami,sungguh luar biasa.Deburan ombak menjadi sensasi tersendiri bagi kami.
Aku berenang agak ketengah membawa sepotong papan, Ketika ombak datang aku pun action layaknya peselancar terkenal David James Wyllie. Ternyata tak sesuai dengan yang ku pikirkan dan tak segampang yang aku bayangkan, baru coba berdiri di atas papan aku sudah di banting ombak, jungkir balik tubuhku, teman - temanku pun menertawai jatuhku.Ada yang berkata mungkin ada seseorang yang sengaja menaruh kulit pisang di papanmu ... ada pula yang berkata " apakah kau kalah taruhan dalam bercinta nak  ... hahahahaha, " apa hubungannya balasku ".
Setelah puas kini tubuh benar-benar lunglai,istirahat memang menjadi solusi yang tepat.
fasilitas Pantai Pasir Panjang memang cukup memadai,terdapat Hotel dan Penginapan bagi para pengunjung yang ingin bermalam, harga tarifnya pun relatif murah kisaran 100ribuan keatas.

Tentunya itu bukan pilihan wajib bagi pengunjung yang ingin bermalam di P3 , Khususnya kami para Backpacker, terlepas dari itu semua kami ingin melepas zona aman dan nyaman kami untuk satu malam kami. Ayo tebak apa yang akan kami lakukan selain bermalam di hotel dan membuat tenda ?
Yaaa ... kami tidur di alam bebas dan itu terasa sangat indah, kami menggali pasir , tiap sisi galian kami gambar/garis menyerupai istana Inggris Buckingham. Alas kami kasur empuk pasir yang halus atap kami Bulan bertabur bintang yang dimana langit cerah membentengi.
sebelum mata terpejam kami Panjatkan Doa syukur atas Anugrah Tuhan yang di berikan kepada kami sepanjang hari ini menurut kepercayaan kami masing-masing.
Berdoa sudah, masing-masing kami sudah pada posisinya, tunggu apa lagi, rebahkan tubuh , selamat malam kawan dan ZZZZzzzzzZZZzZzZzzZZZZZzzzzZZZzZzZzz.....
Nah ... itu lah petualangan ku
Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca.
AKHIR CERITA ... INI PETUALANGAN KU !!!
APA PETUALANGAN MU ... ???

BACKPACKER SURVIVAL KHATULISTIWA

61 comments:

  1. jadi menggugah ingin Berpetualang lagi ni

    ReplyDelete
  2. Dahsyat bro......???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan - kapan kita berpetualang lagi bro.

      Delete
  3. seruuuuuuu ehhhh ...
    kapan lagi backpacking nya ? ajak2 lah kamek !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok , 86 , nanti klo xpdc lagi aku kabarin dech

      Delete
  4. Mantap ni hehehe..tp kurang jauh la hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank masukannya, yang jauh2 lagi dalam daftar perencanaan bro , hehehe ...

      Delete
  5. thank masukannya, yang jauh2 lagi dalam daftar perencanaan bro , hehehe ...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. apenye yg kurus , diri mu waktu itu kh ? hahahaaa

      Delete
  7. keren kak :) , sunsetnya bagus... mampir yuk ke blogku yg absurd ceritanya... hahahahay
    http://rurinovalentina.blogspot.com/2014/08/pesona-setelah-jalan-bebatuan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank masukannya , Blog mu jg gk kalah keren nya.

      Delete
  8. Pantainya bagus dan bersih ya. Natural. Hanya tinggal para pengunjung menjaga kebersihan dan kelestarian alam juga pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank dah mau mampir di blog ku. Saran sobat memang tepat.semoga kita sadar akan pentingnya Melestarikan. salam lestari

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. MANTAAAP ... Tapi ngape kau waktu itu konyol pakai acara beselancar Pakai papan Semperan pula tu, yg ahli jax masih ketelan ombak aplg kau cuma pakai papan semperan. hahahaa, nasib baek tak ada ubur2 waktu itu, klo ada abes kau kena sengat coy. jadi pengen xpdc lgi nich.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap lah kite punya cerita, nekad. Suka-suka ja malam itu,coba-coba sapa tau berbakat, hahaha. Sama lahjd pengen backpacking lagi, tp tunggu waktu yg tepat lah ye, nanti aku kabarin kau

      Delete
  11. besok - besok ke lemukutan mantap tu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tu , rencana nya sih next xpdc Lintas Pulau.

      Delete
  12. cuma meningalkan jejak mampir saja bro >>ndru tan

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Petualangannya seru gan, kalau saya berpetualang di laptop saja.
    Heheheheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa hanya di laptop gan , ayo gabung sama kami, kita nikamti hidup ini.

      Delete
  15. mesti di aktifin lagi tuh,,
    bila perlu tambah personel baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih aktif kok yosh , dan personelnya nambah 1 lagi yaitu dirimu.
      nanti xpdc aku kabarin u lah,siap2 aja.ok

      Delete
  16. gokil ... gokil ... gokil ...
    kalau berangkat lagi jgn lupa ngajak2 ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro kapan2 daki gunung ja,gunung poteng bagus ga tu

      Delete
    2. pinginnya gitu, kita rundingkan ke anak2 dulu lah,oke

      Delete
  17. menarik juga mas travelingnya di P3.
    pantainya lumayan bersih & sunsetnya indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank nona Hedy atas masukannya. boleh di jadikan agenda nona berlibur tu kapan-kapan.

      Delete
  18. eh.. ikannya dikasih liang teh cap panda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bro, tu kawanku iseng aja waktu itu, eh sekali matang berebut makannya. cobain aja pasti mantaaapp

      Delete
  19. ya bro, tu kawanku iseng aja waktu itu, eh sekali matang berebut makannya. cobain aja pasti mantaaapp

    ReplyDelete
  20. mantap kehidupan anak backpacker ndx ada mati nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooo ... pastinya bro , jaya trus anak Backpacker

      Delete
  21. nice article ...
    kunjungi juga blog nya wong malang http://mlgcoffee.com/2014/08/10/malang-destinasi-pantai-eksotis-yang-perawan/

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank bro atas kunjungannya , saya sudah meninggalkan jejak di blog mu cm pakai user Anonymous , gk ada pilihan bro, gk papa kan. Indonesia memang surganya traveling

      Delete
  22. Keren tulisannya...
    minta pendapatnya aja tentang tulisan saya di 39 PANTAI terindah di kota malang : http://mlgcoffee.com/2014/08/10/malang-destinasi-pantai-eksotis-yang-perawan/
    ato
    cerita tour jakarta di
    http://bit.ly/juaraS4TO3

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank bro , punya ente juga kemasan artikelnya menarik

      Delete
  23. Haihai. Pantai yang kamu review kereeeen sangaaat! Moga2 suatu saat saya bisa ke sana. Aamiiiin....

    ReplyDelete
  24. keren blog nya , jadi pingin liburan ke P3. teringat waktu liburan sama keluarga jadinya, tp kalian nekad juga ya, xixixiixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. P3 memang t4 yg cucok buat liburan bersama keluarga,
      masalah nekad itu cara masing2 utk menikmati tantangan, hehehee

      Delete
  25. hidup anak backpacker by Risky

    ReplyDelete
  26. Asyiknya bis Bike to Beach... bakar ikan lagi... mantap. sukses mas bro

    ReplyDelete
  27. seru kawan , eh cerite kite yg laen mane bro ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank kawan, cerita yg laen agik di ketik sedemikian rupa, tunggu aja tanggal mainnya, hehehe

      Delete
  28. Pantai Cilacap juga keren loh, yuk mampir ke pantai Cilacap ~

    http://www.bangsatruk.com/2014/08/traveling-ke-pantai-cilacap.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank bro dah mampir , aku sudah ninggalin jejak di blog mu

      Delete
  29. kalimantan emang oke. mampir juga gan

    http://gubugkecilsangentung.blogspot.com/2014/08/17-agustusan-di-pantai-klayar-banyu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalimantan gitu lho, hehehee. salam lestari mis Aida

      Delete